kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tahun Ini Aset LPS Diproyeksi Capai Rp 180 Triliun


Kamis, 19 Mei 2022 / 18:53 WIB
Tahun Ini Aset LPS Diproyeksi Capai Rp 180 Triliun
ILUSTRASI. Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aset Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) terus meningkat setiap tahun. Tahun lalu saja, aset LPS mencapai Rp 162,01 triliun, atau naik 15,59% yoy. 

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa memperkirakan, aset LPS akan mendekati Rp 180 triliun hingga akhir 2022. Salah satunya ditopang oleh pertumbuhan premi serta imbal hasil investasi.

"Angka di tahun 2022 sekitar Rp 20 triliun, dari premi Rp 12 triliun dan return investasi Rp 8 triliun. Tiap tahun, pendapatan LPS hampir sama dengan bank-bank terbesar di sini," kata Purbaya di Jakarta, Kamis (19/5). 

Nantinya, dana yang dikelola LPS akan diputar kembali untuk membayar klaim penjaminan simpanan nasabah dari bank yang dilikuidasi. Dengan begitu, kata dia, nasabah tidak perlu khawatir menaruh dananya di bank. 

Baca Juga: Klaim Penjaminan Simpanan LPS Diproyeksi Turun Tahun Ini

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2004 tentang LPS, lembaga ini hanya dapat menempatkan aset pada surat berharga yang diterbitkan pemerintah dan Bank Indonesia (BI). Sebab surat utang ini bersifat likuid dan dapat langsung digunakan untuk mengantisipasi likuidasi bank bermasalah. 

"Kami hanya boleh menaruh di surat utang negara (SUN), tidak boleh ditempat lain. Kami berupaya menjaga stabilitas, investasi paling aman dan tidak terganggu situasi pasar yang berlebihan," jelasnya. 

Oleh karena itu, LPS kerap berinvestasi melalui pasar primer untuk memperoleh imbal hasil yang optimum. Bahkan lembaga ini mulai masuk pada Surat Berharga Negara (SBN) dengan mata uang dollar (USD). 

"Kami kemarin masuk obligasi dollar US$ 100 juta, bisa juga kami naikkan sesuai kebutuhan sampai US$ 150 juta - US$ 200 juta," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×