kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tahun Lalu, Pembayaran Klaim dan Premi Asabri Semakin Meningkat


Sabtu, 30 April 2022 / 00:03 WIB
Tahun Lalu, Pembayaran Klaim dan Premi Asabri Semakin Meningkat
ILUSTRASI. Kantor dan pelayanan PT ASABRI (Persero) di Jakarta. KONTAN/Muradi/2018/12/19


Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT ASABRI terus meningkatkan kinerja. Salah satunya dalam  pengelolaan program manfaat bagi prajurit TNI, Anggota POLRI serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di bawah Kementerian Pertahanan dan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Tahun lalu, Asabri telah menyalurkan dana pensiun kepada lebih dari 452.000 peserta pensiun. Detilnya terdiri atas 303.000 pensiunan TNI, 143. 000 pensiunan POLRI dan 6. 000 pensiunan PNS.

Dalam setahun Itu, total dana yang dibayarkan oleh Asabri Itu sebesar Rp16,3 triliun, yang dibayarkan saban bulannya. Dana Itu berasal dari APBN tahun 2021 yang disalurkan melalui 14 mitra bayar di seluruh Indonesia.

Selain itu, Asabri juga telah membayarkan klaim manfaat Tunjangan Hari Tua (THT) kepada 71. 000 peserta sebesar Rp 1,7 triliun, manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) 3.900 peserta sebesar Rp 84,5 miliar dan manfaat Jaminan Kematian (JKM) sebanyak 3. 000 orang, Rp 231,4 miliar.

Dibandingkan tahun 2020, besar total klaim yang dibayarkan ini meningkat 23,8%, terutama disebabkan kenaikan klaim program THT dan JKm. Pembayaran dilakukan secara tepat waktu, tepat sasaran, tepat jumlah, dan tertib administrasi, ujar Sekretaris Perusahaan Asabri Edison Sianipar dalam keterangannya Jumat (29/4).

Tahun lalu Penerimaan premi program THT, JKK dan JKm tercatat masing-masing sebesar Rp1,1 triliun, Rp 190 miliar dan Rp 257 miliar, sedangkan premi program Pensiun yang diterima sebesar Rp 1,65 triliun. Premi yang diterima ini berasal dari 934. 000 orang peserta aktif, yang terdiri dari 477. 000 orang prajurit TNI, 437.000 orang Anggota POLRI dan 20. 000 orang PNS.

Kenaikan pembayran premi tersebut selanjutnya menambah total aset PT  Asabri yang tercatat per 31 Desember 2021 sebesar Rp 33,8 triliun atau naik 8,9% dibanding 2020.

Di aspek keuangan, PT ASABRI (Persero) mencatatkan beberapa perbaikan penting, yakni perbaikan tingkat permodalan dan solvabilitas serta kondisi likuiditas yang terjaga untuk memastikan pemenuhan kewajiban kepada peserta. Modal perusahaan tercatat minus Rp 5,2 triliun, lebih baik dibandingkan tahun 2020 yang tercatat minus Rp13,3 triliun.

Penerapan metoda dan asumsi yang ditetapkan Menteri Keuangan sebagai pelaksanaan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) no 66/PMK.02/2021 di bulan Juni 2021 merupakan penggerak utama perbaikan tingkat permodalan PT Asabri di tahun 2021. Nilai modal ini diharapkan akan terus membaik di tahun 2022, antara lain disebabkan telah diterimanya persetujuan Pemerintah atas pengajuan Unfunded Past Service Liability (UPSL) yang telah diterima di akhir Januari 2022. Upaya penyehatan keuangan masih terus dilakukan, termasuk upaya pemulihan aset. Asabri terus berkomitmen dalam peningkatan layanan serta pemenuhan kewajiban kepada seluruh peserta.

Kinerja  meningkat Ini salah satunya didukung oleh peningkatan kualitas layanan yang bertujuan memberikan kemudahan peserta. Asabri memang terus melakukan optimalisasi ASABRI Mobile Application yang mulai diperkenalkan sejak 2020.

Beberapa kelbihan ini adalah anggota dapat melihat saldo akumulasi premi dan hasil pengembangan, aplikasi ini merupakan sarana bagi peserta untuk melakukan update atas data peserta secara mandiri. Terdapat beberapa tambahan fitur dalam aplikasi ini, antara lain fasilitas bagi peserta untuk mengunduh Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak serta jadwal kewajiban pelaksanaan Autentikasi.

Hingga Desember 2021, jumlah peserta pengguna aplikasi sebanyak 172. 000 peserta. Upaya peningkatan jumlah peserta pengguna ini akan terus dilakukan melalui sosialisasi dan pendampingan peserta. Selain itu, untuk mempermudah proses pengajuan klaim, upaya mendekatkan peserta dengan jaringan layanan Asabri dilakukan juga melalui penambahan jumlah titik layanan Asabri Link sehingga titik layanan yang dimiliki saat ini adalah sebanyak 995 termasuk titik layanan mitra bayar. Proses pengenalan serta update produk dan layanan Asabri dilakukan secara berkelanjutan melalui program sosialisasi, dimana selain peserta, juga dilakukan kepada ahli waris. Dengan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki, Perusahaan terus mendorong dan meningkatkan pencapaian atas program-program tersebut guna mewujudkan layanan yang prima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×