kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45888,26   -2,16   -0.24%
  • EMAS926.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Tak hanya BRI, bank-bank ini juga menutup bisnisnya di Aceh


Senin, 19 April 2021 / 12:05 WIB
Tak hanya BRI, bank-bank ini juga menutup bisnisnya di Aceh
ILUSTRASI. Tak hanya BRI, bank-bank ini juga menutup bisnisnya di Aceh

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sudah mengumumkan rencana penutupan operasional seluruh kantor cabang di Aceh. Menyusul Bank BRI, bank-bank lain juga akan menutup layanan di Aceh.

Bank-bank tersebut bakal segera mengalihkan operasional mereka di Provinsi Aceh. Hal itu karena tenggat waktu penerapan Qanun Nomor 11 Tahun 2018 yang kian dekat.

Aturan itu mengharuskan setiap lembaga keuangan di Serambi Mekah untuk menerapkan prinsip syariah. Lembaga keuangan pun diberi waktu tiga tahun untuk melakukan transisi sejak aturan tersebut diundangkan. Artinya, mereka masih memiliki waktu hingga awal tahun 2022 mendatang.

Selain BRI, beberapa bank lain pun telah melakukan transisi dan menutup operasional mereka di Aceh. Bank-bank tersebut yakni:

1. CIMB Niaga

CIMB Niaga sudah lebih dahulu pamit dari Aceh dibanding BRI. Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, kantor cabang bank tersebut telah menjadi kantor cabang syariah sejak tahun 2019.

Secara keseluruhan, ada dua kantor cabang yang dimiliki oleh CIMB Niaga di Aceh. Keduanya berlokasi di Aceh dan di Lhoksumawe. "Cabang kami di Aceh sudah menjadi Cabang Syariah sejak 2019. Jadi tidak perlu lagi konversi dan beroperasi penuh cabang Syariah," ujar Lani kepada Kompas.com, Minggu (19/4/2021).

Baca juga: BRI undur dari Aceh, ini hukum lembaga keuangan di Serambi Makkah

2. BNI

Bank pelat merah lain yang juga segera pamit dari Aceh adalah BNI. Pada kesempatan terpisah, Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati menjelaskan, saat ini sudah ada 26 kantor cabang konvensional yang telah diubah menjadi kantor cabang pembantu Bank Syariah Indonesia (BSI).

"Dengan demikian, kantor konvensional BNI di Aceh saat ini tinggal enam cabang konvensional," ujar Adi kepada Kompas.com.

Proses transisi yang dilakukan oleh BNI pun dilakukan secara bertahap. Adi mengatakan, untuk bulan April ini rencananya akan ada empat kantor cabang lagi yang akan dikonversi menjadi kantor cabang BSI. Sementara dua kantor cabang lain bakal ditutup hingga akhir tahun.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis & Visualization with Excel Batch 4 Panduan Cepat Penyusunan KPI dan Integrasi OKR-BSC

[X]
×