kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa Agunan Fisik, PNM Mekaar Beri Persyaratan Nasabah Berupa Tanggung Renteng


Rabu, 28 Februari 2024 / 19:51 WIB
Tanpa Agunan Fisik, PNM Mekaar Beri Persyaratan Nasabah Berupa Tanggung Renteng
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Pekerja menggiling biji kopi pesanan pembeli di toko Kopi Buronan Tangerang Selatan Banten, Kamis (30/6). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjelaskan, penyaluran kredit perbankan tumbuh 9,03% secara year on year (YoY) hingga bulan Mei 2022. Pertumbuhan tersebut terutama didorong peningkatan pada kredit UMKM dan ritel./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/30/06/2022.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Untuk memenuhi kebutuhan pasar, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) pada 2018 lalu menyediakan pembiayaan PNM Mekaar Syariah di beberapa cabang, mulai dari wilayah Aceh, Padang, dan Nusa Tenggara Barat. Tercatat hingga akhir tahun 2022, PNM Mekaar Syariah telah memiliki 9.928.948 nasabah atau sebesar 74,7% dari total 13.824.173 number of account (NoA) nasabah PNM Mekaar.

Berdasarkan data Kontan.co.id, secara keseluruhan PNM telah menyalurkan kredit senilai Rp23,72 triliun pada tahun 2020, Rp34,52 triliun pada 2021, dan Rp42,59 triliun pada 2022. Sedangkan untuk tahun 2023, PNM berhasil mencatat penyaluran kredit sebesar Rp72 triliun dengan jumlah nasabah mencapai 15,2 juta orang.

Melansir laman resmi PNM, terdapat beberapa kriteria nasabah PNM Mekaar. Di antaranya, layanan PNM Mekaar difokuskan kepada perempuan pelaku usaha mikro dengan kondisi keluarga yang memiliki indeks pendapatan per kapita maksimal US$1,99 per hari atau Rp 800 ribu per bulan serta memenuhi indeks rumah (Cashpoor Index House).

Kemudian, pembiayaan PNM Mekaar tidak mensyaratkan agunan fisik, melainkan bersifat tanggung renteng kelompok, dengan syarat kedisiplinan untuk mengikuti proses persiapan dan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM).

Baca Juga: PNM Mekaar Beri Modal Ekonomi, Sosial, dan Intelektual Bagi Perempuan Prasejahtera

Satu kelompok minimal terdiri dari 2 subkelompok dan maksimal 6 subkelompok dengan masing  masing subkelompok beranggotakan 5- 30 nasabah. Setiap kelompok/subkelompok dipimpin oleh seorang ketua.

Terakhir, pertemuan kelompok wajib dilaksanakan setiap minggu, sebagai salah satu car untuk membayar angsuran mingguan.

Sebagai informasi, PNM Mekaar Syariah merupakan layanan pemberdayaan berbasis kelompok sesuai ketentuan hukum Islam yang berdasarkan fatwa dan/atau pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia yang ditujukan bagi perempuan pra-sejahtera pelaku usaha ultra mikro.

Adapun beberapa syarat yang bisa dipenuhi nasabah jika ingin mengajukan PNM Mekaar Syariah diantaranya, pertama pertemuan mingguan yang wajib dilakukan secara disiplin dan tepat waktu dengan mengucapkan doa, janji nasabah, janji account officer atau AO Mekaar Syariah, janji bersama.

Baca Juga: Berbeda dari Pinjaman Online, Ini Persyaratan PNM ULaMM

Kedua, nasabah Mekaar syariah adalah mereka yang telah mempunyai usaha, atau akan melakukan usaha, atau yang pernah usaha karena sudah mempunyai pengalaman usaha sebelumnya sesuai syariat Islam.

Ketiga, nasabah wajib memiliki usaha setelah diberikan pembiayaan, dan keempat dari penerima sedekah menjadi pemberi sedekah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×