kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips Mengelola Uang Gajian untuk Investasi di Masa Depan


Kamis, 27 Mei 2021 / 12:00 WIB
Tips Mengelola Uang Gajian untuk Investasi di Masa Depan


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Setiap orang tentu mendambakan kehidupan yang indah di masa depan. Soal kehidupan yang indah, tentu mau tak mau berkaitan dengan kesejahteraan. Memiliki rumah, kendaraan dan tabungan yang cukup, jelas membuat siapapun jauh lebih tenang di masa tua.

Hanya saja untuk bisa mewujudkan itu semua, dibutuhkan usaha ketika masih muda dengan cara menabung dan berinvestasi. Bagi mereka generasi milenial yang memiliki gaji melimpah, kadang penghasilan belasan juta rupiah per bulan pun bisa habis begitu saja karena pengelolaan yang tidak tepat.

Oleh karena itu, Anda perlu memiliki perencanaan matang dalam mengelola pendapatan, supaya memberikan manfaat di masa depan.

Baca Juga: Manfaat Menabung Bagi Anda yang Ingin Masa Depan Indah

Pertama, menetapkan anggaran bulanan agar memiliki dana untuk pos investasi masa depan. Jangan lupa menginvestasikan sebagian dari uang gajian Anda, untuk investasi di masa depan nanti. Anda bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu, seperti properti, asuransi, reksa dana, atau investasi emas. Anda juga harus mewaspadai investasi bodong yang menawarkan keuntungan besar dalam waktu yang instan.

Kedua, saat masih berstatus keluarga muda, anggaran bulanan terpaksa dibagi-bagi untuk berbagai tujuan lain yang jatuh tempo lebih awal. Sebaiknya, pos investasi jangka panjang, terutama untuk dana pensiun di atas 10 tahun juga dianggarkan setiap bulan.

Ketiga, jika ternyata Anda masih memiliki uutang, segera bayarkan dan lunasi uutang tersebut. Prioritaskan utang dengan jumlah terkecil atau dari bunga yang terbesar lebih dulu. Dengan begitu, jumlah utang yang Anda miliki tidak akan terus-menerus membengkak.

Setelah itu, tetapkan alokasi gaji untuk investasi masa depan. Secara umum, setiap orang sebaiknya menyisihkan 15% dari penghasilannya untuk mendanai pensiunnya kelak. Misalnya, penghasilan Anda saat ini sebesar Rp10 juta, idealnya Rp1,5 juta setiap bulan disisihkan untuk tabungan pensiun.

Bila Anda masih investor baru, lebih baik untuk menanamkan modal pada instrumen investasi yang minim risiko terlebih dahulu. Anda dapat menempatkan uang menganggur dengan mengikuti program deposito dari PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank).

Bulan ini, J Trust Bank menawarkan program bundling deposito J Trust One yang di mana nasabah berkesempatan meraih keuntungan kombo dengan menikmati bunga ganda bundling, berupa bunga deposito sebesar 6,5% per tahun dan tabungan 4,25% per tahun.

Program bundling deposito J Trust One dilaksanakan mulai 1 Mei 2021 hingga 31 Mei 2021. Nasabah eksisting maupun baru dapat mengikuti program spesial ini, yang penting dana yang disetorkan merupakan dana baru alias fresh fund.

Penempatan dana bundling tidak termasuk setoran awal pada Tabungan J Trust One. Minimum dana kepesertaan adalah Rp100 juta dengan komposisi 66% untuk deposito dan 34% untuk Tabungan J Trust One. Maksimum penempatan dana pada program ini tidak terbatas.

Untuk memeroleh bunga deposito dan tabungan spesial dari program bundling deposito J Trust One tersebut, penempatan dana pada Tabungan J Trust One akan ditahan (hold) dengan jangka waktu yang sama dengan tenor deposito yang dipilih. Saat ini, ada dua pilihan jangka waktu penempatan dana para program deposito J Trust One, yakni 1 bulan dan 3 bulan.

Selain itu, J Trust Bank juga mengadakan program Tabungan J Trust One Berhadiah Voucher Belanja bulan ini. Program tabungan ini memberikan reward berupa voucher jika nasabah menempatkan dana sejumlah tertentu yang bersifat langsung tanpa diundi.

Adapun minimum dana yang ditempatkan sebesar Rp50 juta. Nasabah diberikan hadiah voucher belanja senilai Rp100.000, jika setoran awal lebih kecil maka tidak diikutkan program dan tidak diberikan hadiah voucher. Program ini berlaku untuk nasabah baru (New CIF).

Tertarik? Simak informasi lebih lanjut mengenai program J Trust Bank ini melalui www.jtrustbank.co.id atau dapat menghubungi J Trust Call 1500 615.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×