kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,22   -11,30   -1.21%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi mesin EDC turun akibat pandemi, apa kata bankir?


Senin, 04 Mei 2020 / 17:25 WIB
Transaksi mesin EDC turun akibat pandemi, apa kata bankir?


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Adanya wabah virus corona (Covid-19) tentu menyebabkan pergeseran interaksi antar manusia, antara lain mengurangi intensitas pertemuan fisik, tatap muka termasuk juga meminimalkan kontak dalam bertransaksi. Hampir sudah pasti, pada momentum seperti sekarang penggunaan digital payment menjadi pilihan transaksi yang paling seksi.

Namun, hal ini berdampak pada menurunnya penggunaan mesin electronic data capture (EDC) yang sebelumnya menjadi layanan yang menjadi andalan masyarakat dalam bertransaksi. Benar saja, Bank Indonesia (BI) mencatatkan misalnya rata-rata transaksi harian melalui EDC di skema Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) tumbuh negatif sejak Februari 2020.

Baca Juga: Bank Mandiri injak gas pembukaan rekening secara online

Catatan BI menggambarkan, per Februari 2020 transaksi EDC turun 7,1% secara month to month (mtm). Nah, penurunan ini terus tereskalasi, pada April 2020 misalnya penurunannya meningkat menjadi 45,5% secara mtm.

Menurut beberapa bankir yang dihubungi Kontan.co.id, sejatinya pilihan masyarakat dalam bertransaksi saat ini memang berubah. Apalagi sejak diumumkannya kebijakan belajar di rumah pada 16 Maret 2020 yang diikuti dengan kebijakan work from home (WFH) oleh instansi pemerintah dan swasta. Pembatasan aktivitas di ruang publik pun semakin diperketat dengan larangan mudik yang belum lama ini digaungkan Pemerintah.

Senior Vice President Transaction Banking and Retail Sales PT Bank Mandiri Tbk Thomas Wahyudi bilang kebijakan tersebut memang harus diakui mempengaruhi aktivitas transaksi pada layanan Bank Mandiri. Kendati tak merinci secara spesifik, menurutnya transaksi pada merchant fisik melalui mesin EDC memang cenderung menurun. Tapi ada juga perubahan tren, semisal di sektor perbelanjaan ritel (supermarket) transaksi EDC memang menurun tapi volumenya meningkat.

"Untuk transaksi di EDC ada yang menurun jumlah transaksinya dan volumenya, seperti hotel, restoran dan hiburan (entertainment)," katanya kepada Kontan.co.id, Senin (4/5).

Baca Juga: Bareskrim belum tahan tersangka kasus Koperasi Simpan Pinjam Indosurya

Tapi kabar baiknya, Thomas menuturkan transaksi digital seperti Mandiri Online malah meningkat signifikan. Tercatat per Maret 2020 total transaksi telah mencapai 120 juta transaksi dengan kenaikan lebih dari 70% secara year on year (yoy).

Bank berlogo pita emas ini tentu memanfaatkan momentum ini dengan mendorong transaksi digital nasabahnya. Bagaimana tidak, per kuartal I 2020 walau digempur pandemi total fee based income (FBI) Bank Mandiri masih naik 10% berkat fee transaksi.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×