kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.916.000   20.000   1,05%
  • USD/IDR 16.859   -39,00   -0,23%
  • IDX 6.458   16,59   0,26%
  • KOMPAS100 926   2,78   0,30%
  • LQ45 723   -0,22   -0,03%
  • ISSI 204   1,50   0,74%
  • IDX30 377   -0,23   -0,06%
  • IDXHIDIV20 459   -0,25   -0,05%
  • IDX80 105   0,25   0,24%
  • IDXV30 112   0,08   0,07%
  • IDXQ30 124   0,06   0,05%

Transaksi Paylater Kredivo Naik 10% Selama Ramadan 2025


Selasa, 15 April 2025 / 16:31 WIB
Transaksi Paylater Kredivo Naik 10% Selama Ramadan 2025
ILUSTRASI. kategori produk dengan nilai transaksi tertinggi untuk paylaer Kredivo adalah pulsa & voucher, gadget & elektronik, perlengkapan rumah tangga, serta kesehatan dan kecantikan.


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyedia layanan Buy Now Pay Later (BNPL) atau paylater Kredivo mencatatkan tren pertumbuhan nilai transaksi sebesar 10% selama momentum Ramadan 2025.

SVP, Marketing, and Communications Kredivo Indina Andamari menjelaskan, kategori produk dengan nilai transaksi tertinggi adalah pulsa & voucher, gadget & elektronik, perlengkapan rumah tangga, serta kesehatan dan kecantikan. 

Sementara itu, transaksi terbanyak terjadi di minggu pertama dan kedua Ramadan, dengan pilihan tenor bayar dalam 1 bulan sebagai favorit pengguna.

"Tren ini menunjukkan bahwa layanan paylater semakin relevan dalam membantu masyarakat menjaga cash flow, terutama saat menunggu THR,” kata Indina dalam acara Halal bi Halal Kredivo, Selasa (15/4).

Baca Juga: Paylater Jadi Pilihan Utama, Transaksi Kredivo Melejit saat Ramadan

Selain peningkatan nilai transaksi secara umum, Kredivo juga mencatat pertumbuhan signifikan pada kategori travel dengan rata-rata nilai transaksi naik 22%, mencerminkan meningkatnya permintaan mudik Lebaran. Wilayah Jabodetabek mengalami kenaikan penggunaan sebesar 18%, sementara di luar Jabodetabek naik 20%.

Adapun pengguna berusia di atas 30 tahun mendominasi transaksi di Kredivo, menandakan tingginya ketergantungan kelompok usia ini terhadap metode pembayaran praktis seperti paylater.

Untuk menjaga tren pertumbuhan tetap sehat, Kredivo menerapkan prinsip responsible lending dan memperkuat manajemen risiko, di antaranya dengan pemberian limit yang proporsional dan edukasi literasi keuangan melalui berbagai kanal komunikasi.

Kampanye bertajuk #SALEturahmi turut mendorong lonjakan transaksi, menawarkan berbagai promo seperti bebas cicilan 1 bulan dan cashback hingga Rp 1 juta.

Untuk memastikan tren positif ini berlanjut dan memberikan dampak yang optimal bagi perusahaan maupun pengguna, Kredivo konsisten memperkuat manajemen risiko dan menerapkan prinsip responsible lending.

"Kami memastikan setiap pengguna mendapatkan limit yang proporsional sesuai dengan kemampuan bayar mereka, serta secara rutin mengevaluasi skor kredit pengguna untuk mendorong penggunaan Paylater yang bijak dan mencegah terjadinya kredit macet," ungkap Indina.

Baca Juga: Kredivo Sebut Bisnis Paylater Terus Meningkat, Transaksi Pinjaman Naik Dua Digit

Ke depan, Kredivo akan terus berupaya menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan dengan fokus pada peningkatan retensi pengguna. Kredivo memperluas integrasi dengan lebih banyak merchant offline dan online di berbagai kategori produk, dalam rangka mempermudah akses layanan Paylater. 

"Dengan pendekatan ini, kami optimistis dapat menjaga fundamental bisnis yang kuat sekaligus memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi pengguna dan ekosistem secara keseluruhan," tutup Indina.

Selanjutnya: Indeks Keyakinan Konsumen Terus Turun, Begini Tanggapi Menteri Keuangan Sri Mulyani

Menarik Dibaca: Rebound Bitcoin Tersendat, Masih Kuat Menanjak atau Rawan Jatuh?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

[X]
×