kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,63   0,85   0.09%
  • EMAS951.000 -0,21%
  • RD.SAHAM 1.12%
  • RD.CAMPURAN 0.52%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Transaksi remitansi BRI tumbuh pesat di tengah pandemi


Kamis, 04 Juni 2020 / 20:28 WIB
Transaksi remitansi BRI tumbuh pesat di tengah pandemi
ILUSTRASI. Pekerja membersihkan logo Bank Rakyat Indonesia BRI di Jakarta. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tetap berhasil mencatatkan pertumbuhan bisnis remitansi meskipun di tengah pandemi Covid-19. Transaksi pengiriman uang dari dan keluar negeri yang dilayani bank pelat merah ini tetap mengalami peningkatan.

Hingga akhir Mei, transaksi remitansi dari para TKI yang dilayani BRI tumbuh 102% secara year on year (YoY). Volumenya juga mengalami peningkatan sebesar 117%.

Baca Juga: Kehadiran Tapera bisa bikin penyaluran kredit BTN makin kencang

SEVP Treasury & Global Services BRI Listiarini Dewajanti mengatakan, kenaikan tersebut terjadi karena counterpart remitansi yang bekerjasama dengan BRI mempunyai aplikasi online. "Dengan begitu para TKI tetap bisa mengirim remitansi tanpa harus ke outlet," jelasnya pada Kontan.co.id, Kamis (4/6).

Pendapatan berbasis fee yang diperoleh BRI dari layanan remitansi itu juga meningkat. Namun, Listiarini tidak merinci angkanya. Tahun ini, BRI tetap menargetkan jumlah dan volume transaksi remitansi tumbuh dua digit.

Namun, dari sisi fee based income diproyeksi hanya akan tumbuh satu digit karena saat ini sudah berkembang tren digitalisasi pembayaran cross border.

Guna mendorong pertumbuhan bisnis remitansi, BRI akan mengedepankan digitalisasi baik lewat platform remitansi milik BRI yakni Brifast Mobile maupun lewat kerjasama dengan counterpart berbasis digital.

Baca Juga: Tidak semua bank bisa pinjam likuiditas ke bank jangkar, ini kata OJK

Dengan begitu, akses ke BriFast Remmittance akan semakin luas dan cepat dan biayanya semakin murah. Saat ini layanan BriFast dapat diakses melalui 9.500 outlets counterparts di berbagai negara.

Disamping incoming remittances, lanjut Listiarini, BRI juga akan fokus mengembangkan fitur baru pada layanan outgoing remittaces dan cross border payment system (CBPS) ke depan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Managing Procurement Economies of Scale Batch 5

[X]
×