kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trik bank incar nasabah baru


Selasa, 22 September 2015 / 10:05 WIB
Trik bank incar nasabah baru


Reporter: Christine Novita Nababan, Dea Chadiza Syafina | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Penggunaan e-commerce dan sosial media di Indonesia memang menakjubkan. Berbekal fenomena ini, perbankan pun meluncurkan layanan transaksi berbasis media sosial.

Ambil contoh, Bank CIMB Niaga yang menggandeng MasterCard Indonesia meluncurkan layanan Octopay. Ini adalah layanan transaksi bank secara online berbasis sosial media Facebook.

Teknologi digital perbankan ini memungkinkan para pemilik akun Facebook, melakukan transaksi seperti transfer dan pembayaran tagihan. Octopay menyediakan virtual credit card untuk bertransaksi di situs belanja online yang menerima pembayaran kartu kredit MasterCard.

"Sangat mudah dan aman. Masyarakat yang tidak memiliki kartu kredit, kini dapat bertransaksi juga secara online dengan virtual credit card mereka," kata Tigor M Siahaan, Direktur Utama CIMB Niaga, Senin (21/9).

Virtual credit card dari Octopay ini dapat digunakan Facebooker untuk bertransaksi belanja online hingga batas pembayaran Rp 10 juta. Ada beberapa fitur lain sepertiĀ  transfer realtime, hingga RTGS dan remitansi.

Facebookers dapat mengisi ulang pulsa, listrik prabayar, membayar tagihan kartu kredit, listrik, dan tagihan lain sembari berselancar di Facebook. Dari layanan ini, CIMB Niaga membidik 50.000 Facebookers hingga akhir 2015.

Irni Palar, Country Manager MasterCard Indonesia mengatakan, penelitian MasterCard tahun 2014 menunjukkan, tren belanja dan transaksi perbankan secara online naik 70% dari tahun 2013 yang hanya 55,8%. Belanja online merupakan alasan kedua tertinggi para peselancar dunia maya dalam menggunakan internet.

"Kerjasama dengan CIMB Niaga ini merupakan upaya untuk memfasilitasi transaksi e-commerce di Indonesia," ujar Irni.

Tawaran dari BNI

Meski tak spesifik menyasar pengguna sosial media, Bank Negara Indonesia (BNI) sejak April 2013 juga telah meluncurkan BNI e-Commerce Payment Solution. Fasilitas e-Commerce Payment ini didukung BNI e-Banking yang terdiri dari ATM, SMS banking dan juga internet banking.

Direktur Consumer Retail Banking BNI, Anggoro Eko Cahyo menuturkan, volume BNI debit online kini mencapai lebih dari 15.000 transaksi per bulan. Adapun, nominal transaksi e-commerce tak kurang dari Rp 5 miliar saban bulan.

Catatan saja, BNI Debit Online merupakan e-Commerce payment solution hasil kerjasama dengan MasterCard Internasional. "Transaksi BNI debit online menunjukkan tren positif di mana pertumbuhan year on year mencapai 95%," imbuh Anggoro kepada KONTAN, kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×