kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tugu Insurance Raih Global Financial Strength Rating A-, 7 Tahun Berturut-turut


Kamis, 29 Desember 2022 / 14:31 WIB
Tugu Insurance Raih Global Financial Strength Rating A-, 7 Tahun Berturut-turut
ILUSTRASI.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Menjelang tutup tahun 2022, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) berhasil mempertahankan predikat bertaraf global the Financial Strength Rating A- (Excellent) dan the Long-Term Issuer Credit Rating of “a-” (Excellent) dari lembaga pemeringkat di bidang asuransi asal Amerika, A.M. Best.  Dengan diperolehnya Rating A- (Excellent) di tahun 2022 ini, artinya Tugu Insurance telah 7 tahun berturut-turut (2016-2022) mendapatkan peringkat Rating A- (Excellent) dari A.M. Best dan masih menjadi satu-satunya perusahaan asuransi umum nasional yang memiliki predikat rating internasional A- (Excellent) dari A.M. Best.

A.M. Best adalah lembaga pemeringkat kredit global, penerbit berita, dan penyedia analisis data dengan spesialisasi pada industri asuransi. Berkantor pusat di Amerika Serikat (berdiri sejak tahun 1899) A.M. Best melakukan bisnis di lebih dari 100 negara dengan kantor regional di London, Amsterdam, Dubai, Hong Kong, Singapura dan Mexico City. Setiap tahun, A.M. Best memberikan penilaian kepada lebih dari 16,000 perusahaan asuransi di seluruh dunia.

Dalam rilisnya, A.M. Best mengatakan, rating A- untuk Tugu Insurance mencerminkan kekuatan neraca keuangan Tugu Insurance yang sangat sehat, kinerja operasional yang kuat, profil bisnis yang netral, dan manajemen risiko perusahaan yang tepat. Peringkat tersebut juga mempertimbangkan dampak netral dari entitas induk mayoritas utama perusahaan, PT Pertamina (Persero).

Kekuatan neraca Tugu Insurance didukung oleh risk-adjusted capitalization, yang diukur dengan Rasio Kecukupan Modal (Best’s Capital Adequacy Ratio / BCAR) berada pada level terkuat. Kecukupan modal didukung oleh net underwriting leverage yang rendah dan peningkatan modal internal yang berkelanjutan. Selain itu, rasio solvabilitas Tugu Insurance oleh A.M. Best juga dinilai masih jauh di atas persyaratan minimum. Faktor neraca yang baik didukung oleh tingkat risiko investasi yang moderat. Selain itu, Tugu Insurance dinilai oleh A.M. Best meskipun memiliki penggunaan reasuransi yang tinggi untuk mendukung penjaminan risiko komersial yang besar termasuk untuk bisnis penerbangan dan energi, namun sebagian besar aset reasuransi tersebut memiliki kualitas kredit yang baik.

Presiden Direktur Tugu Insurance, Tatang Nurhidayat, menyatakan apresiasinya atas hasil rating review A.M. Best 2022. “Prestasi Tugu Insurance yang berhasil mempertahankan predikat A- (Excellent) ketujuh kalinya berturut-turut di tahun 2022 ini adalah bukti kekuatan keuangan dan keberhasilan implementasi strategi perusahaan untuk terus tumbuh sambil tetap memperhatikan tingkat risikonya guna mempertahankan keberlanjutan maupun pengembangan usaha” ujar Tatang.

Tugu Insurance akan selalu melakukan inovasi melalui pengembangan produk hingga layanan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan berbasis teknologi digital. “Terus berinovasi dan tetap mengedepankan prinsip kehati-hati-an dalam menerapkan manajemen risiko adalah kunci Tugu Insurance untuk terus berkembang dan mampu menjawab berbagai peluang maupun tantangan yang ada di industri perasuransian” tambah Tatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×