kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uang Tukarduid.com di LR jauh di bawah US$ 150.000


Selasa, 11 Juni 2013 / 21:27 WIB
ILUSTRASI. Petugas memantau grafik pergerakan penjualan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Dealing Room Divisi Tresuri BNI, Jakarta, Jumat (27/9/2019). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.


Reporter: Arief Ardiansyah |

JAKARTA. Penutupan situs penyedia uang virtual Liberty Reserve (LR) oleh aparat hukum AS telah mematikan bisnis para penukar resmi LR. Soalnya, aparat hukum AS juga menutup 14 situs yang menjadi penjual LR, empat di antaranya berada di Indonesia.

Eddy Susanto, pemilik Tukarduid.com, salah satu situs exchanger resmi LR, mengatakan produk utama mereka memang LR. Karena LR dan situs mereka ditutup, Eddy menyebut otomatis bisnis mereka mati total. "Kami hanya melayani online transfer," kata Eddy melalui email kepada KONTAN, Selasa (11/6).

Dampak dari penutupan LR adalah duit deposit Tukarduid.com di LR lenyap. Kabar yang beredar menyatakan, fulus Tukarduid.com yang 'hangus' di LR mencapai US$ 150.000. "Tidak benar, jauh lebih kecil dari itu," kata Eddy, yang menuliskan emotikon ":D" di akhir kalimat, tanda tertawa.

Kerugian finansial Tukarduid.com rupanya tak hanya uang yang mengendap di LR. Eddy menyebut, beberapa broker yang menjadi partnernya juga ikut membekukan dan menghapus akun Tukarduid.com. Ini membuat uang Tukarduid.com di dalamnya tidak bisa dicairkan.

Padahal, ungkap Eddy, Tukarduid.com tidak memiliki kesalahan apapun kepada para broker. Dia menyebut, para broker itu ketakutan karena nama domain Tukarduid.com sudah disita aparat hukum AS. Sayang, Eddy tidak merinci nama-nama broker online yang membekukan akun Tukarduid.com di situs mereka.

Akhir Mei, aparat hukum AS menangkap pemilik LR Arthur Budovsky Belanchuk di Spanyol. Dia diduga melakukan tindak pidana pencucian uang lebih dari US$ 6 miliar melalui uang digital LR.

Di Mingguan KONTAN Edisi 10 Juni - 16 Juni 2013 menyebut, uang virtual telah menarik berbagai kalangan dari penggila game online, pelaku internet marketing, hingga pialang valuta asing. Penutupan LR membuat dana para pemilik akun LR lenyap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×