kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45827,22   1,41   0.17%
  • EMAS1.035.000 -0,48%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Ada rumor krisis konflik AS-China, jumlah penabung emas di Pegadaian meningkat


Sabtu, 01 Agustus 2020 / 08:25 WIB
Ada rumor krisis konflik AS-China, jumlah penabung emas di Pegadaian meningkat
ILUSTRASI. Buku transaksi Tabungan Emas Pegadaian

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam beberapa waktu terakhir, PT Pegadaian (Persero) mencatat terjadinya peningkatan nasabah yang menabung emas. Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Harianto Widodo mengatakan, fenomena ini terjadi karena masyarakat menilai emas merupakan investasi yang tepat di tengah kondisi global yang tak menentu ini.

“Jumlah penabung meningkat, jumlah penjualan tabungan emasnya meningkat. Artinya, sekarang ada rumor ada krisis konflik Amerika dan China, kemudian apa yang paling aman dipegang masyarakat? Sebagian adalah portofolio emas, karena ini akan tahan gejolak inflasi,” ujar Harianto dalam konferensi pers virtual, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga: Harga emas cetak rekor, ini cara menabung emas di Pegadaian dan biayanya

Kendati begitu, Herianto belum bisa menjabarkan secara rinci berapa peningkatan nasabah yang menabung emas di perseroannya. “Ini trennya naik, tapi belum kita lihat apakah kenaikan ini tembus 1.000 troy ons. Biasanya kalau (harga emas) sudah terlalu tinggi, masyarakat berhenti investasi karena dianggap terlalu mahal,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Teknologi Informasi dan Digital Pegadaian Teguh Wahyono menambahkan, saat ini jumlah nasabah tabungan emas di Pegadaian sebanyak 5,8 juta. Angka tersebut naik 1,2 juta jika dibandingkan akhir tahun lalu. “Dalam hal saldo juga demikian, saat ini saldonya hampir 5 ton atau 4,98 ton,” ucap Teguh.

Baca Juga: Harga emas Antam di Pegadaian pagi ini stagnan Rp 1.030.000 per gram (30 Juli 2020)

Teguh mengungkapkan, mayoritas nasabah tabungan emas itu adalah generasi milenial. Sebab, mereka sedang belajar berinvestasi. “Jadi sebagian besar adalah yang belajar Investasi, makanya saldonya itu kecil, tapi mereka memang kelompok anak yang belajar invetasi dalam bentuk emas,” ujarnya. Baca berikutnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga Emas Naik, Milenial Banyak Menabung Emas di Pegadaian"
Penulis : Akhdi Martin Pratama
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×