Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki musim liburan pertengahan tahun, PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance) melihat tren positif terhadap permintaan asuransi perjalanan, meski kondisi ekonomi domestik tengah lesu.
Direktur AXA Insurance Edwin Sugianto menyampaikan bahwa minat masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan, baik untuk keperluan wisata maupun bisnis, tetap tinggi, terutama menjelang momen libur sekolah, hari raya, dan akhir tahun.
“Permintaan asuransi perjalanan dari SmartTravel International dan SmartTravel Domestik tetap stabil dengan kecenderungan meningkat karena sentimen positif musim liburan," ujarnya kepada Kontan, Selasa (10/6).
Meskipun tidak menyebutkan angka pasti, ia mengatakan pertumbuhan premi asuransi perjalanan pada tahun ini cukup baik secara tahunan, meskipun sedikit melandai dibandingkan lonjakan di tahun 2023 ketika pandemi baru berakhir.
Baca Juga: Daya Beli Masyarakat Turun, AAUI Optimistis Kinerja Asuransi Perjalanan Tetap Tumbuh
“AXA Insurance optimistis mencapai target pertumbuhan positif hingga akhir tahun dibandingkan tahun sebelumnya," tuturnya.
Melansir laporan keuangan AXA Insurance, pada kuartal I-2025 jumlah pendapatan premi tercatat mencapai sebesar Rp 279,08 miliar. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 24,35% secara year on year (YoY) dari sebesar Rp 224,41 miliar.
Strategi Dorong Premi Perjalanan
Untuk mendorong pertumbuhan lebih lanjut, AXA Insurance menyiapkan sejumlah strategi, mulai dari inovasi produk hingga kemitraan strategis. Salah satunya adalah pengembangan produk SmartTravel International dengan pilihan perlindungan yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.
AXA Insurance juga aktif menawarkan diskon dan promosi khusus menjelang periode puncak perjalanan, termasuk menjalin kemitraan dengan agen perjalanan untuk menawarkan paket perlindungan yang terintegrasi.
Baca Juga: AXA Insurance: Perlu Subsidi Premi untuk Kembangkan Asuransi Pertanian
“Kami terus mengembangkan layanan digital untuk mempermudah pembelian polis dan klaim secara online," lanjutnya.
Tak hanya itu, perusahaan juga menggiatkan edukasi publik mengenai pentingnya perlindungan saat bepergian untuk meningkatkan kesadaran dan literasi keuangan masyarakat.
Dengan berbagai upaya tersebut, AXA Insurance menargetkan lonjakan premi pada kuartal terakhir tahun ini, seiring dengan meningkatnya aktivitas perjalanan masyarakat menjelang liburan Natal dan Tahun Baru.
Baca Juga: Daya Beli Melemah, Premi Asuransi Perjalanan Tetap Melangkah
Selanjutnya: Harga Minyak Mentah Berpotensi Tembus US$ 85 per Barel, Biaya Impor Bakal Membengkak
Menarik Dibaca: iPhone 13 Pro Max Harga Juni 2025 Turun! Cek Fitur Lengkapnya & Kelebihannya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News