kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Besar Terus Perbanyak Fitur Baru dalam Pengembangan SuperApp


Selasa, 29 Maret 2022 / 10:58 WIB
Bank Besar Terus Perbanyak Fitur Baru dalam Pengembangan SuperApp
ILUSTRASI. Super App OCTO Mobile yang dikembangkan CIMB Niaga


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank-bank besar tak henti-henti melakukan pengembangan fitur-fitur baru dalam pengembangan layanan digitalnya sehingga betul-betul menjadi SuperApp. Dengan begitu, semua layanan keuangan bahkan hingga lifestyle bisa dipenuhi lewat aplikasi tersebut.

PT Bank CIMB Niaga Tbk misalnya, terus melengkapi fitur-fitur baru di layanan OCTO Mobile. Saat ini, hampir seluruh layanan keuangan sudah bisa dilakukan lewat layanan digital ini.

Trisna L. M. Siahaan, ATM & Merchant Business Head CIMB Niaga mengatakan, OCTO Mobile sedang dikembangkan agar menjadi super app dimana semua kegiatan terkait transaksi keuangan hingga lifestyle bisa dilakukan di platform ini.

"Kami membangun OCTO Mobile ini dengan membuka akses ke semua, mulai dari transaksi, proses bisnis, memberikan service dan pada tahap terakhir akan menjadi SuperApp yang ditargetkan dalam dua atau tiga tahun mendatang," kata Trisna pada Kontan.co.id, Sabtu (26/3).

Saat ini, CIMB Niaga telah memiliki pipeline peluncuran fitur-fitur baru OCTO Mobile. Pada akhir tahun mendatang, kata Trisna, beberapa fitur baru akan resmi dihadirkan.

Baca Juga: CIMB Niaga Syariah Membidik Transaksi Perbankan Syariah Bagi Kalangan IPEMI

Fitur yang akan dilengkapi salah satunya adalah lifestyle dimana pengguna bisa melakukan transaksi pembelian tiket, hotel dan lain-lain.  

Sementara PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) telah mencanangkan BRImo menjadi SuperApp sejak tahun 2019. "Melalui aplikasi BRIMo nasabah dapat melakukan transaksi keuangan mulai dari simpanan, pinjaman, investasi, asuransi, virtual account, QRIS, dan lain-lain," kata Aestika Oryza Gunarto Sekretaris Perusahaan BRI.

Dia bilang, BRI akan terus melakukan peningkatan fitur layanan BRImo. Terbaru, telah dirilis fitur transfer internasional yang memungkinkan mengirim tabungan rupiah langsung dikonversi ke mata uang asing.

Ke depan, BRImo akan bekerja sama dengan Traveloka untuk menghadirkan fitur traveling seperti pembelian berbagai tiket pesawat, kereta, hotel dan yang lainnya. Fitur ini akan memenuhi kebutuhan akomodasi nasabah tanpa gonta-ganti aplikasi.

 

Adapun PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) saat ini masih melakukan uji coba terbatas New BTN Mobile Banking (SuperApp) kepada karyawan. Ujicoba telah dilakukan sejak awal tahun.

Andi Nirwoto Direktur Teknologi Informasi BTN mengatakan, Animo pegawai peserta ujicoba internal cukup besar mengingat terdapat peningkatan fitur serta user experience yang memberikan kenyamanan bertransaksi.

"Launching New BTN Mobile Banking ini direncanakan pada kuartal 3 atau awal kuartal 4 2022," ungkap Andi.

Saat dirilis nantinya, super app BTN ini sudah terintegrasi dengan fitur-fitur baru, baik layanan finansial maupun non finansial.  Andi bilang, Super App ini juga akan membentuk integrasi layanan ekosistem  digital Bank BTN, sehingga nasabah dapat menikmati konsep one stop housing ecosystem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×