kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS948.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Bank Capital (BACA) jawab kabar bakal diakuisisi oleh Sea Group


Senin, 15 Februari 2021 / 20:12 WIB
Bank Capital (BACA) jawab kabar bakal diakuisisi oleh Sea Group
ILUSTRASI. Bank Capital indonesia Tbk BACA

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sea Group, induk perusahaan e-commerce Shoppe dikabarkan tengah membidik untuk mengakuisisi bank lagi di Indonesia setelah menguasai mayoritas saham Bank Kesejahteraan Ekonomi (Bank BKE). 

PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA) dan PT Bank Bank Bumi Artha Tbk (BNBA) disebut dua bank yang diminati Sea Group. Namun, dalam jawaban atas permintaan penjelasan dari Bursa Efek Indonesia, Bank Capital menampik kabar tersebut. 

Dalam surat yang diteken Direktur Utama Bank Capital Indonesia Wahyu Dwi Aji dan Direktur Bank Capital Gunarto Hanafi  tersebut dijelaskan bahwa perseroan tidak mengetahui jika Sea Group ingin masuk jadi investor mereka. "Perseroan tidak mengetahui adanya informasi tersebut," terangnya dalam keterbukaan informasi di Bursa, Senin (15/2).

Baca Juga: Bank Maspion bidik pertumbuhan penyaluran kredit 36% pada 2021

Bank Capital juga menyampaikan bahwa saat ini  tidak ada informasi atau kejadian penting lainnya yang material dan dapat memengaruhi kelangsungan hidup perusahaan serta dapat memengaruhi harga saham perseroan.

Bank Capital merupakan kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) II dengan modal inti di bawah Rp 2 triliun. Sementara aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengharuskan bank umum  memiliki modal inti minimum Rp 3 triliun pada akhir 2022 dimana akhir tahun ini sudah harus dipenuhi minimum Rp 2 triliun.  

Per September 2020,  Bank Capital Indonesia baru memiliki modal inti sebesar Rp 1,24 triliun.  Bank Capital sebelumnya telah mendapatkan restu dari pemegang saham untuk melakukan rights issue dengan target menghimpun dana sebesar Rp 2 triliun pada Desember 2020 tetapi belum terlaksana. 

Selanjutnya: Targetkan NPL 3,5%, ini strategi manajemen risiko Bank BTN pada tahun 2021

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×