kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,68   -21,05   -2.27%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri penuhi aspek kematangan digital lewat Livin'by Mandiri


Kamis, 04 November 2021 / 09:10 WIB
Bank Mandiri penuhi aspek kematangan digital lewat Livin'by Mandiri
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi menggunakan aplikasi mobile banking Livin' Bank Mandiri di Tangerang Selatan, Minggu (12/9)../pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/12/09/2021.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengawal transformasi  digital yang dilakukan perbankan sekaligus mengarahkan  dan memfasilitasi percepatan transformasi tersebut. 

Kondisi digitalisasi  dan pencapaian transformasi digital perbankan akan diukur  dengan menggunakan metode penilaian Digital Maturity Assessment for  Bank (DMAB). Metode ini akan mengevaluasi tingkat kematangan  digital perbankan dalam enam dimensi yakni data,  teknologi, manajemen risiko, kolaborasi, tatanan institusi,  dan customer.

PT Bank Mandiri Tbk salah satu bank tradisional besar yang sedang melakukan transformasi digital. Bank pelat merah ini mengaku sudah benar-benar mempersiapkan diri untuk memenuhi aspek penilaian DMAB tersebut. 

"Terbukti dengan launching New Livin' by Mandiri yang kami posisikan sebagai Financial Super App pada 2 Oktober lalu. Inovasi financial SuperApp ini merupakan implementasi dari keenam elemen di atas," kata Timothy Utama Direktur Teknologi Bank Mandiri pada KONTAN, Rabu (3/11). 

Baca Juga: Sampai kuartal III, Tugu Insurance kantongi laba Rp 229 miliar

Dalam Digital Maturity Model, Bank Mandiri menitikberatkan pada pemanfaatan data, agile culture dan juga customer experience. Timothy bilang, dapat berkompetisi, perbankan perlu menerapkan budaya yang tangkas sehingga inovasi layanan yang dilakukan dapat mencapai market secara cepat. Inovasi itu pada akhirnya harus dapat memenuhi kebutuhan dan memberi nilai tambah untuk Nasabah.

Dia menambahkan, Bank Mandiri telah memiliki roadmap digitalisasi layanan perbankan  yang mencakup keseluruhan proses, produk dan layanan dengan memperhatikan prinsip-prinsip kehati-hatian melalui penerapan manajemen risiko dan kepatuhan.

Selain itu dengan landscape digital yang semakin kompetitif, Bank Mandiri menilai diperlukan juga kesiapan SDM dan penerapan budaya kerja yang tangkas yang dibangun secara holistik. "Bank Mandiri juga terus memperkuat talent digital," ujar Timothy. 

Dalam roadmap transformasi digital yang disusun Bank Mandiri, perseroan memanfaatkan 3 faktor utama yang akan jadi keunggulannya yakni manajemen data yang kuat, kesiapan infrastruktur digital, dan ekosistem keuangan yang luas. 

Adapun peta jalan digital banking Bank Mandiri mencakup lima aspek. Pertama, Data Driven Decision Making. Bank Mandiri akan mengimplementasikan data analytics guna mendukung pengambilan keputusan bisnis yang lebih akurat dan berkesinambungan serta menghasilkan sustainable revenue.

Baca Juga: Baru 22 bank ini yang akan berlaku penurunan biaya transfer antar bank Rp 2.500

Kedua, memperkuat fondasi infrastruktur transaksi digital maupun penyempurnaan proses bisnis untuk mendukung perkembangan transaksi Digital. Ketiga, mengembangkan produk-produk yang bersifat digital-native agar bisa menyajikan layanan perbankan digital secara end to end

Keempat, modernisasi channel digital untuk memberikan customer experience terbaik yang dapat mendukung life style experience nasabah. Kelima, memperluas ekosistem digital.

"Peluasan ekosistem ini merupakan  implementasi open banking Bank Mandiri melalui API Portal sebagai marketplace untuk memperluas akses dan ekosistem digital bagi nasabah," pungkas Timothy.

Selanjutnya: Ditopang ekspor, Bank Mandiri proyeksi ekonomi kuartal III-2021 tumbuh 4,16%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×