kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BCA Salurkan Kredit UMKM Senilai Rp 94,2 Triliun per Juni, Tumbuh 19,6% yoy


Jumat, 12 Agustus 2022 / 18:58 WIB
BCA Salurkan Kredit UMKM Senilai Rp 94,2 Triliun per Juni, Tumbuh 19,6% yoy
ILUSTRASI. BCA telah menyalurkan kredit UMKM sebesar Rp 94,2 triliun hingga Juni 2022, tumbuh 19,6% year on year (yoy). KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus memacu penyaluran kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). BCA telah menyalurkan  kredit UMKM sebesar Rp 94,2 triliun hingga Juni 2022, tumbuh 19,6% year on year (yoy).

Bank Indonesia (BI) mencatatkan permintaan kredit UMKM secara industri tumbuh sebesar 17,37% yoy pada Juni 2022.

Direktur BCA John Kosasih menyatakan ini merupakan bagian dari upaya-upaya nyata BCA untuk memajukan bisnis UMKM agar dapat berkembang dan juga membantu menstimulasi pertumbuhan perkenomian Indonesia. 

Baca Juga: BCA Gelar UMKM Fest 2022, Dorong Pertumbuhan Bisnis UMKM

Guna meningkatkan kapasitas UMKM dn penyaluran kredit, Bank swasta terbesar ini kembali BCA UMKM Fest 2022 diselenggarakan secara hybrid.

Adapun kegiatan offline dihelat pada 12-14 Agustus 2022 di Gandaria City, Jakarta, adapun online dilaksanakan pada 12 Agustus hingga 12 September 2022 di umkmfest.bca.co.id. Lebih dari 1.000 UMKM mengikuti kegiatan ini.

"Penyelenggaraan BCA UMKM Fest ini bukan hanya mendorong perkembangan pelaku UMKM dan industri kreatif memenuhi pasar domestik, tapi juga membuka peluang go international melalui kegiatan Business Matching yang ada dalam rangkaian kegiatan ini,” ujar John Kosasih dalam keterangan tertulis, Jumat (12/8).

Dalam kegiatan Business Matching, BCA bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia, International Trade Promotion Center, dan Bank Koresponden mempersembahkan 86 UMKM untuk mendapatkan kesempatan ke dalam pasar internasional.

BCA menggandeng pelaku UMKM dan industri kreatif yang bergerak di berbagai industri, seperti makanan dan minuman, hobi, fashion, hingga kesehatan dan kecantikan. Selain para pelaku UMKM nasabah BCA, kegiatan BCA UMKM Fest juga diikuti oleh lebih dari 300 pelaku UMKM binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Bank Indonesia, dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada.

Baca Juga: Mau Tiket Justin Bieber? Yuk Bikin Kartu Kredit di BCA Sekarang Juga!

BCA juga menggandeng mitra e-commerce, yaitu Blibli dan Grab yang juga memiliki tujuan yang sama untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Bagi pengunjung yang hadir secara langsung ke UMKM Fest 2022, berkesempatan untuk mendapatkan berbagai program menarik seperti Cashback Rp 50.000 dengan QRIS BCA, Cashback hingga Rp 150.000 dengan Kartu Kredit BCA dan Program Double Value Voucher Reward BCA.

Kegiatan offline BCA UMKM Fest 2022 juga menyediakan beragam tema workshop, talkshow, dan berbagai booth Showcase Installation & Digital Experience yang dapat dikunjungi oleh masyarakat. Pengunjung bisa menikmati beragam aktivitas menarik seperti fashion show produk fashion buatan perajin lokal, serta mengeksplorasi 50 brand lokal unggulan, dari makanan dan minuman, fashion, hobi, kesehatan dan kecantikan, hingga tour & travel.

"Dengan sudah berangsur-angsur pulih mobilitas masyarakat, kami optimis dapat menjangkau lebih banyak lagi pengunjung baik secara offline maupun online. Melalui kehadiran BCA UMKM Fest ini, diharapkan dapat membangkitkan motivasi serta optimisme penggiat UMKM Indonesia dan mempercepat realisasi SDGs,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×