kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS917.000 -0,76%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Begini upaya Modalku memperketat keamanan data


Rabu, 23 Juni 2021 / 13:41 WIB
Begini upaya Modalku memperketat keamanan data
ILUSTRASI. Aplikasi Modalku

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hidup di dunia digital memang tak lepas dari segala risiko dan kejahatan. Karena kejahatan berbasis digital pun semakin hari makin canggih dan sulit dikendalikan. Pencurian data identitas, cloning, SMS atau telepon jebakan, hipnotis, email, akun media sosial diambil alih, beragam bentuknya.

Sebagai salah satu platform pendanaan digital UMKM di Asia Tenggara yang memegang berbagai data sensitif, fintech P2P lending Modalku mengaku cyber attack tentu menjadi hal yang tidak bisa dihindari.

"Namun, kami memiliki berbagai lapisan pertahanan, baik dari sumber daya manusia, proses, dan teknologi itu sendiri, yang memungkinkan kami untuk bertahan secara efektif dan mencegah cyber attacks tersebut agar tidak berdampak terhadap sistem kami," kata Shakthi Priya Kathirvelu, Head of Information Security & IT Grup Modalku kepada Kontan.co.id, beberapa waktu lalu.

Modalku mengambil pendekatan yang mendalam terhadap sistem pertahanan keamanannya. Beberapa lapisan perlindungan dibentuk untuk memastikan bahwa Modalku bisa mencegah, mendeteksi, dan mengatasi kerentanan cyber attacks dari segala sisi baik dalam aplikasi maupun infrastruktur Modalku.

Langkah tersebut mulai dari memastikan bahwa aplikasi yang di kembangkan sudah aman (salah satunya dengan mengedukasi engineer terkait pengembangan kode yang aman), memastikan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data (melalui enkripsi, data backup secara regular, dan lainnya), pengujian penerobosan sistem baik secara internal dan eksternal, penilaian kerentanan, memperbaiki secara berkala, pemantauan.

Baca Juga: Modalku gandeng BNI sediakan escrow account untuk pendana dan peminjam

Shakthi menyatakan, langkah yang dilakukan pun terus berkelanjutan dengan kolaborasi berbagai tim. Terdapat beragam standar keamanan yang bisa diadopsi bagi sebuah perusahaan untuk mendapatkan tingkat keamanan yang lebih baik lagi dalam melindungi perusahaan tersebut dan pelanggannya ketika menghadapi cyber attacks.

Setiap standar memiliki kelebihannya masing- masing, namun tujuan utamanya tetap sama, yaitu untuk mengurangi risiko, termasuk pencegahan atau mitigasi serangan siber.

Keamanan merupakan perjalanan berkelanjutan bagi sebuah perusahaan untuk menjadi lebih baik dalam mempertahankan diri terhadap serangan siber..

Hal tersebut juga penting bagi Modalku untuk selalu siap merespon setiap cyber attacks yang mungkin muncul.

Selain itu, Modalku juga secara berkala menguji respons insiden keamanan dan rencana pemulihan yang memungkinkan pihaknya tidak hanya menahan serangan dengan cepat dan mengurangi dampaknya terhadap sistem, tetapi juga memulihkannya sesegera mungkin.

Selanjutnya: SoftBank Ventures Asia menyuntik dana US$ 27 juta ke startup VoyagerX

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×