kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BNI Implementasikan ESG, Kredit Berkelanjutan Capai Rp 176,4 triliun Per September


Senin, 07 November 2022 / 07:25 WIB
 BNI Implementasikan ESG, Kredit Berkelanjutan Capai Rp 176,4 triliun Per September


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyaluran kredit berkelanjutan atau environmental, sustainability, and governance (ESG) dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mencapai Rp 176,4 triliun per September 2022. Nilai itu berkontribusi sebesar 28,5% dari total penyaluran kredit BNI yang mencapai Rp 622,61 triliun per kuartal III-2022.

Sebagian besar penyaluran kredit berkelanjutan itu diberikan untuk pembiayaan dan pemberdayaan melalui kredit mikro dan UMKM yang mencapai Rp 121,9 triliun. Lalu sebanyak Rp 6,7 triliun kepada sub sektor pencegahan polusi.  

Kemudian, sebanyak Rp 15,3 triliun dikucurkan kepada sub sektor pengelolaan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan pengelolaan sumber daya alam hayati dan tata guna lahan sumberdaya dan tata guna lahan.

Sebanyak Rp 10,7 triliun untuk energi baru dan terbarukan dan Rp 21,8 triliun untuk sektor lainnya seperti pengelolaan air dan air limbah yang berkelanjutan.

Selain menyalurkan kredit berkelanjutan dalam menerapkan prinsip ESG, BNI juga telah merilis surat utang berwawasan lingkungan atau green bond sebesar Rp 5 triliun pada 21 Juni 2022 lalu.

Baca Juga: Tumbuh 18,6%, Pembiayaan ESG BCA Tembus Rp 172,7 Triliun per September 2022

Pendanaan itu digunakan untuk sumber pembiayaan ke 10 sektor hijau sesuai dengan POJK 60 tahun 2017. Mulai dari efisiensi energi, energi terbarukan, limbah menjadi Energi dan pengelolaan limbah. Lalu, sumber daya alam dan penggunaan lahan berkelanjutan, konservasi keanekaragaman hayati darat dan perairan.

Kemudian, adaptasi perubahan iklim, transportasi berkelanjutan, pengelolaan air dan air limbah berkelanjutan, bangunan hijau, dan  pertanian berkelanjutan.

Baru-baru ini,  dalam penerapan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola atau ESG, BNI kembali mendorong percepatan penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia. Hal ini dengan membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area Crea Nusa Dua, Badung - Bali.

SPKLU tersebut diresmikan bersamaan dengan outlet baru BNI yang hadir dengan wajah baru mengusung konsep outlet digital dan format thematic iconic pariwisata. Hal ini dapat terwujud berkat kerja sama dengan  PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menyampaikan, BNI sebagai agent of development dan agent of services memiliki tanggung jawab sosial untuk bersama-sama bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bali dan Kabupaten Badung dalam membangun kembali perekonomian di daerah Bali.

 

Terlebih, langkah strategis ini juga bertujuan untuk membangun daerah Nusa Dua yang tengah menyambut perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali 15 – 16 November 2022 mendatang.

“Untuk itulah, BNI Digital Channel - KCP Crea Nusa Dua sebagai terobosan outlet thematic hadir dengan wajah baru yang berkarakter dan berkonsep digital untuk terus memberikan service excellence, mendukung kelancaran aktivitas perekonomian masyarakat,” ujar Royke pada pekan lalu.

Oleh sebab itu, BNI mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan guna mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi. Juga  dilengkapi dengan berbagai perangkat digital yang disediakan seperti DigiCS, Sprint dan mesin tarik setor tunai (CRM) sehingga memudahkan aktivitas transaksi perbankan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×