Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mulai layani nasabah Bank Mandiri Taspen (Mantap) lewat sinergi dalam bentuk konversi atau pengalihan lebih dari 3.600 nasabah di wilayah Aceh. Sedangkan dari segi pembiayaan, BSI akan mengelola sebesar kurang lebih Rp 520 miliar aset Bank Mantap di Aceh.
BSI bekerjasama dengan Bank Mantap untuk melakukan konversi/pengalihan pembiayaan pensiunan Nasabah Bank Mantap di Aceh dalam rangka mendukung Perda Qanun Aceh Nomor 11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah.
Belied ini mengatur bahwa seluruh lembaga keuangan termasuk bank konvensional yang beroperasi di Provinsi Aceh wajib dilaksanakan berdasarkan Prinsip Syariah. Untuk mematuhi perda tersebut, Bank Mantap sebagai salah satu bank konvensional yang beroperasi di Provinsi Aceh diwajibkan beroperasi secara syariah atau mengalihkan layanannya ke bank yang beroperasional secara syariah.
Bagi Nasabah Bank Mantap yang pembiayaannya telah berhasil dialihkan ke BSI, dapat menikmati layanan BSI diantaranya mengambil manfaat pensiun setiap bulan di Kantor Cabang BSI terdekat dengan domisilinya (BSI memiliki Cabang terbanyak di wilayah Aceh). Juga dapat berkesempatan mengikuti seminar atau pelatihan yang diberikan BSI terkait kewirausahaan atau investasi.
Baca Juga: Berprospek Bagus, Bankir Optimistis Kredit Konsumer Tumbuh Optimal hingga Akhir Tahun
Anton Sukarna selaku Direktur Distribution BSI menyatakan Lewat skema kerjasama konversi nasabah Bank Mantap ini, BSI berharap dapat membuka kesempatan kolaborasi sejenis atau skema yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bank-bank lainnya. Guna secara bersama mengembangkan industri perbankan syariah khususnya di Aceh.
"Terutama dalam memberikan pembiayaan dan layanan perbankan berprinsip syariah kepada masyarakat Kami mengucapkan selamat datang kepada pegawai Bank Mandiri Taspen yang telah menjadi keluarga besar BSI dan mari bersama-sama memajukan BSI di wilayah Aceh serta meningkatkan sinergi BSI, Bank Mantap , TASPEN dan ASABRI menjadi lebih baik,” imbuh Anton dalam keterangan tertulis pada Kamis (16/6).
Selain itu, mereka juga dapat menikmati produk dan layanan unggulan lain dari BSI seperti BSI Mobile, yaitu aplikasi mobile banking yang dapat menemani aktivitas nasabah selama 24 jam dengan menyeimbangkan aktivitas finansial, spiritual serta sosial seperti transaksi antar bank, reminder jadwal sholat dan sedekah yang langsung terhubung ke lembaga sosial masyarakat.
Pengembangan ekosistem digital baik produk dan fitur-fitur unggulan terus dilanjutkan oleh BSI, di mana dalam waktu dekat diharapkan kanal digital banking yakni BSI Mobile dapat dimanfaatkan nasabah dan masyarakat luas untuk mengakses pembiayaan.
BSI Mobile menghadirkan sederet solusi untuk mempermudah nasabah di antaranya fitur pembukaan rekening online, kemudahan transaksi bagi nasabah melalui fitur transfer, belanja online, transaksi QRIS, top up pulsa, beli token listrik, top up e-wallet, dan pembayaran sekolah.
Baca Juga: Amartha Gandeng BPR Utomo Manunggal Sejahtera, Salurkan Modal Rp 50 Miliar untuk UMKM
BSI Mobile juga memiliki fitur produk BSI Tabungan E-Mas dan juga Gadai Emas via Online. BSI Mobile juga menyediakan fasilitas pembayaran Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF).
Terdapat berbagai tawaran promo menarik dari produk unggulan BSI lainnya, seperti BSI Hasanah Card, yang merupakan satu-satunya kartu pembiayaan berprinsip syariah di Indonesia kemudian BSI Cicil Emas, dimana nasabah dapat memperoleh emas dengan angsuran tetap dan ringan serta masih banyak produk menarik BSI lain.
Regional CEO BSI Wilayah I Aceh Wisnu Sunandar menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Bank Mantap, TASPEN dan ASABRI kepada BSI khususnya di Region Aceh dan berupaya memberikan layanan maksimal kepada segenap nasabah yang telah dikonversi ke BSI tetap mendapatkan jasa dan produk-produk perbankan syariah yang terbaik dari kami.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News