kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45775,90   0,60   0.08%
  • EMAS934.000 0,32%
  • RD.SAHAM -0.03%
  • RD.CAMPURAN 0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Diterpa pandemi Covid-19, perbankan makin sibuk cari dana murah


Selasa, 26 Mei 2020 / 16:23 WIB
Diterpa pandemi Covid-19, perbankan makin sibuk cari dana murah
ILUSTRASI. Perbankan kejar dana murah

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kendati masih dalam era pandemi Covid-19, tren pertumbuhan dana murah alias current account and saving account (CASA) kian menggunung. Ini sejalan dengan strategi perbankan yang mendorong peningkatan CASA terutama lewat layanan digital.

Merujuk data Bank Indonesia (BI) misalnya per akhir Maret 2020 dua komponen CASA yakni giro dan tabungan mampu tumbuh dua digit. Giro perbankan tumbuh 23,5% secara year on year (yoy) menjadi Rp 1.469,8 triliun. Sedangkan dana tabungan meningkat 10,2% yoy menjadi Rp 1.953,5 triliun.

Berbeda dengan dana murah, deposito atau dana mahal malah tumbuh melambat karena hanya naik 2,5% yoy per Maret 2020 lalu. Menurut BI perlambatan deposito sangat wajar, sebab sejalan dengan tren penurunan suku bunga deposito di perbankan.

Baca Juga: Maybank (BNII) raih kenaikan laba bersih 29,7% di kuartal pertama 2020

Beberapa bankir yang dihubungi Kontan.co.id pun mengamini kalau fokus utama pendanaan saat ini memang beralih ke dana murah. 

PT Bank CIMB Niaga Tbk misalnya yang mengaku sudah 4-5 tahun terakhir pihaknya memang mengincar peningkatan rasio CASA. "Kami sudah berhasil jaga dari 40% sekitar 5 tahun lalu menjadi di atas 60% saat ini," tutur Lani Darmawan, Direktur Konsumer CIMB Niaga, Selasa (26/5).

Bukan tanpa sebab, menurutnya dana murah memang lebih hemat bagi perbankan dan mampu menekan bunga dana. Di sisi lain, menurut Lani CASA cenderung bersifat lebih stabil ketimbang deposito. Memakai strategi tersebut, bank bersandi bursa BNGA ini mengaku bisa lebih menjaga bunga pinjaman di pasar.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×