kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dongkrak Kredit Konsumsi, Perbankan Rajin Akuisisi Pengguna Baru Kartu Kredit


Selasa, 13 Februari 2024 / 13:20 WIB
Dongkrak Kredit Konsumsi, Perbankan Rajin Akuisisi Pengguna Baru Kartu Kredit
ILUSTRASI. Public Figure Shandy Aulia saat peluncuran Kartu Kredit BNI JD.ID di Jakarta, Kamis (11/11/2021). Perbankan membidik akuisisi pengguna baru kartu kredit dalam upaya mendongkrak kredit konsumsi tahun ini..


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Perbankan nasional menunjukkan optimismenya terhadap bisnis kartu kredit tahun ini, yang diyakini bakal menjadi salah satu pendorong pertumbuhan segmen kredit konsumsi pada 2024.

Berkaca pada tahun 2023 lalu, jumlah kartu kredit yang beredar di masyarakat terus menunjukkan tren peningkatan. Per Oktober 2023, Bank Indonesia mencatat total jumlah kartu kredit yang beredar sebanyak 18 juta kartu, atau meningkat hampir 1 juta kartu dari posisi Januari 2023 yang sebanyak 17,21 juta kartu.

Sejalan dengan itu, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) menilai kebangkitan bisnis kartu kredit tahun 2023 pasca pandemi yang sempat terpuruk sebelumnya, bakal berlanjut tahun ini.

Baca Juga: Untung Rugi Kredit Mobil di Bank dan Multifinance

GM Divisi Bisnis Kartu BNI Grace Situmeang mengatakan, peningkatan bisnis kartu kredit bakal berlanjut seiring dengan meningkatnya pembayaran non cash di masyarakat saat ini.

Di sisi lain, Grace menilai meski potensinya masih cukup besar, namun pertumbuhannya diperkirakan akan melandai sebagai dampak dari tahun pemilu di 2024.

"Prediksinya akan ada penurunan transaksi di beberapa sektor, antara lain travel related," kata Grace kepada Kontan, Jumat (26/1).

 

BNI sendiri menargetkan akuisisi pengguna baru tahun 2024 dapat meningkat minimal sebesar 35% secara tahunan (year on year/yoy).

Salah satu strategi BNI untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis kartu kredit tahun ini yakni dengan meningkatkan akuisisi pengguna baru dengan fokus kepada selected customer di seluruh wilayah.

Baca Juga: Bank DKI Perkuat Digitalisasi dan Perlindungan Konsumen

"Kami juga akan fokus akuisisi kartu kredit kepada nasabah captive, serta peningkatan customer base melalui kerjasama baru," kata Grace.

Tahun 2023 lalu, BNI mencatat pengguna baru kartu kredit tumbuh di atas 30% YoY dengan total kartu kredit yang saat ini beredar sebanyak 1,6 juta kartu.

Senada, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) juga menargetkan pertumbuhan akuisisi pengguna baru kartu kredit tahun 2024 lebih tinggi di atas pencapaian tahun lalu.

EVP Corporate Communication and Social Responsibly BCA Hera F Haryn mengatakan optimisme tersebut melihat realisasi pertumbuhan bisnis kartu kredit tahun lalu.




TERBARU

[X]
×