Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Emiten bank digital PT Bank Amar Tbk (AMAR) atau Amar Bank mencatat pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) double digit secara tahunan pada semester I 2025, yakni mencapai 99,24% year on year (YoY) menjadi Rp 1,77 triliun.
David Wirawan, SVP Finance Amar Bank mengatakan, capaian ini membuktikan bahwa strategi perursahaan dalam membangun hubungan jangka panjang dengan nasabah berjalan efektif, sekaligus menunjukkan kinerja solid di tengah kondisi pasar yang menantang.
"Pencapaian ini memperkuat posisi Amar Bank sebagai institusi yang tangguh dan adaptif terhadap dinamika industri," ungkap David kepada kontan.co.id, Senin (15/9/2025).
Baca Juga: Digital Lending Bank Amar Tembus Rp 3,55 Triliun per Juni 2025
Sejalan dengan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang tetap kuat, kondisi likuiditas Amar Bank saat ini disebut David berada dalam posisi yang sangat memadai dan sehat.
Jika dilihat dari laporan keuangan loan to deposit ratio Amar Bank berada di level 200,42% pada semester I-2025 ini menurun secara tahunan dari 314,18% di semester I-2024.
Menurut David, pertumbuhan DPK yang konsisten, terutama di tengah perlambatan industri, mencerminkan tingginya tingkat kepercayaan nasabah terhadap Amar Bank. Hal ini menjadi fondasi utama yang memastikan ketersediaan likuiditas yang stabil dan mencukupi untuk mendukung seluruh aktivitas operasional dan ekspansi bisnis perusahaan.
"Jika melihat tren hingga akhir tahun, indikasi pertumbuhan juga masih menunjukkan laju yang positif, kami menargetkan pertumbuhan kisaran double digit, memperkuat posisi kami sebagai bank yang tangguh dan adaptif terhadap dinamika industri," jelasnya.
Baca Juga: Saham BIKE, HOPE dan AMAR Masuk Pantauan BEI, Ada Peluang Cuan atau Waspada?
Untuk menjangkau nasabah dan mendorong pertumbuhan DPK, Amar Bank memanfaatkan berbagai kanal dan segmen yang dimiliki seperti, Amar Bank Digital (segmen penabung), Tunaiku (segmen peminjam), embedded banking (pengguna aplikasi digital), Amar Bank Bisnis (pemilik UMKM), corporate & commercial (layanan payroll eksternal), hingga kantor cabang (segmen ritel).
Selain itu, fokus pada pengalaman nasabah mendorong loyalitas dan referensi organik dari mereka kepada keluarga dan kerabat. Amar Bank juga aktif mengedukasi masyarakat melalui kampanye seperti #AmandenganAmar untuk membangun kepercayaan—karena trust adalah fondasi utama dalam menghimpun dana masyarakat.
Selanjutnya: Eva Mulia Clinic Hadirkan Carboxy CO2 Treatment Untuk Kulit Glowing Tanpa Filter
Menarik Dibaca: Eva Mulia Clinic Hadirkan Carboxy CO2 Treatment Untuk Kulit Glowing Tanpa Filter
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News