kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.940.000   35.000   1,84%
  • USD/IDR 16.315   10,00   0,06%
  • IDX 7.045   -20,25   -0,29%
  • KOMPAS100 1.022   -2,15   -0,21%
  • LQ45 795   -1,03   -0,13%
  • ISSI 224   -0,62   -0,28%
  • IDX30 416   -0,26   -0,06%
  • IDXHIDIV20 491   -2,15   -0,44%
  • IDX80 115   -0,14   -0,12%
  • IDXV30 118   -0,37   -0,31%
  • IDXQ30 136   -0,37   -0,27%

Ekonomi Lesu, Begini Langkah Julo Dalam Menekan Kredit Macet


Senin, 02 Juni 2025 / 16:08 WIB
Ekonomi Lesu, Begini Langkah Julo Dalam Menekan Kredit Macet
ILUSTRASI. PT JULO Teknologi Finansial (JULO) meluncurkan JULO Turbo yang merupakan salah satu pinjaman tercepat di Indonesia.


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat kondisi ekonomi Indonesia yang penuh tantangan, seperti penurunan daya beli, Julo berupaya memperkuat mitigasi risiko kredit. Perusahaan financial technology (fintech) lending ini memperkuat lini penagihan (collection), mengoptimalkan underwriting berbasis data, serta menjaga kualitas portofolio pinjaman agar tetap sehat dan berkelanjutan.

Sepanjang kuartal pertama 2025, Julo meningkatkan jumlah agen field collection sebanyak 48% guna memperkuat kinerja penagihan di lapangan. Langkah ini turut diiringi dengan ekspansi area operasional, sehingga menjangkau lebih banyak pengguna.

Terkait tenaga collection, tetap menjaga prinsip penagihan beretika sesuai dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Hasilnya, total pembayaran kembali atau repayment agen meningkat sebesar 56% dibandingkan kuartal sebelumnya. 

Proses underwriting Julo  disempurnakan dengan teknologi machine learning untuk menganalisis pola perilaku pengguna secara lebih akurat. Memperkuat verifikasi dan deteksi potensi fraud, Julo terintegrasi dengan sistem data terpusat Fintech Data Center (FDC) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Baca Juga: Amar Bank Gandeng JULO Group, Berikan Layanan Perbankan dan Kredit Terpadu

Maka, limit kredit lebih tepat sasaran dan disesuaikan dengan kemampuan pengguna. Pendekatan berlapis ini membantu JULO menjaga rasio non-performing loan (NPL) tetap di bawah ambang batas OJK.

Demi meringankan tantangan finansial para pengguna di tengah situasi ekonomi saat ini, Julo  tetap menjaga suku bunga di bawah batas maksimum OJK. Sistem pengingat pembayaran yang komprehensif juga membantu pengguna mengelola keuangan lebih strategis dan menghindari denda keterlambatan.

"Prinsip kehati-hatian bukan hanya untuk mengurangi risiko gagal bayar, tapi juga untuk memberikan solusi yang meringankan sesuai dengan kemampuan pengguna," terang Presiden Direktur JULO, Harri Suhendra, dalam rilis ke Kontan.co.id, Senin (2/6). 

Hingga kuartal pertama 2025, Julo telah memfasilitasi pendanaan kepada lebih dari 3,2 juta pengguna di seluruh Indonesia. Kemitraan strategis dan integrasi dengan ekosistem seperti Grab dan Dana menjadi katalisator penting Julo  memperluas jangkauan akses

Selanjutnya: OJK Catat 4 Perusahaan Pembiayaan Belum Penuhi Ekuitas Rp 100 Miliar per April 2025

Menarik Dibaca: Bunga Deposito Bank DBS di Bulan Juni 2025, Tertinggi 5,00%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Banking Your Bank

[X]
×