kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Industrial Bank of Korea berniat caplok 87,34% saham Bank Agris


Selasa, 06 Februari 2018 / 10:53 WIB
Industrial Bank of Korea berniat caplok 87,34% saham Bank Agris
ILUSTRASI.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industrial Bank of Korea (IBK) berencana melakukan pembelian saham sebanyak-banyaknya 4,59 miliar lembar saham PT Bank Agris Tbk (AGRS).

Dalam keterbukaan informasi Bank Agris di Harian KONTAN, Selasa (6/2), saham yang akan dibeli IBK antara lain milik PT Dian Intan Perkasa dan Benjamin Jiaravanon. Artinya, IBK bakal memiliki saham di perseroan sebesar 87,34% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan.

Adapun, dalam keterangannya tujuan dari IBK melakukan transaksi ini antara lain untuk berpartisipasi dalam program pemerintah untuk mendukung konsolidasi perbankan di Indonesia. Selain itu, IBK juga berharap untuk menciptakan sistem perbankan yang kuat dan sehat dalam mempercepat konsolidasi tersebut.

IBK juga berencana membeli saham dari pemegang saham lain di luar dari kewajiban penawaran tender jika dipersyaratkan sekitar 8,45% dari seluruh modal saham yang ditempatkan dan disetor penuh. Hanya saja, transaksi ini masih dalam tahap pembahasan antara IBK dengan pemegang saham tersebut.

Adapun, untuk meminta persetujuan pemegang saham, Bank Agris mengatakan akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Pada 9 Maret 2018 mengenai transaksi tersebut.

Sebagai tambahan informasi, kepemilikan saham Bank Agris kini mayoritas dipegang oleh PT Dian Intan Perkasa sebanyak 4,34 miliar lembar saham atau 82,59%. Sementara Benjamin Jiaravann memikiki 14,88 juta lembar saham atau setara 0,28% sementara sisanya 17,13% dimiliki publik.

Nantinya, setelah transaksi berjalan, IBK akan memiliki 4,59 miliar saham dengan total saham mayoritas sebanyak 87,34%. Sementara PT Dian Perkasa terdelusi menjadi 52,77 juta lembar atau 1% dari total saham. Sementara saham yang dimiliki masyarakat menurun menjadi 11,66%.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×