kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,43   -7,06   -0.76%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Lebaran, Pembiayaan Produk Elektronik Laris Manis


Rabu, 13 April 2022 / 19:31 WIB
Jelang Lebaran, Pembiayaan Produk Elektronik Laris Manis
ILUSTRASI. Pengunjung mengamati barang elektronik di salah satu gerai ritel di Tangernag Selatan, Selasa (1/2). Pho. KONTAN/Carolus Agus Waluyo/01/02/2022.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang Lebaran, perusahaan pembiayaan bakal semakin sibuk, karena permintaan kredit elektronik semakin banyak. Misalnya saja, Kredivo yang mengaku tren pembiayaan elektronik dan gadget menjelang bulan puasa di bulan Maret ini merupakan yang tertinggi dibanding bulan-bulan sebelumnya. 

"Tercatat ada peningkatan sekitar 35% untuk nilai transaksi elektronik di bulan Maret 2022 bulan sebelumnya (Februari 2022). Secara YoY, juga terlihat jumlah nilai transaksi elektronik di bulan Maret 2022 meningkat hingga 65% dibanding bulan Maret 2021," papar Indina Andamari, VP Marketing and Communications Kredivo kepada kontan.co.id, Rabu (13/4).

Selain elektronik dan gadget, Indina menyebut, saat ini ada beberapa kategori yang juga sedang mengalami peningkatan tren pembiayaan seperti fashion, health & beauty dan juga pulsa & voucher. "Semua kategori ini terus mendorong kinerja pembiayaan perusahaan secara keseluruhan," katanya. 

Porsi pembiayaan kategori elektronik Kredivo di kuartal I/2022 memang mencapai 31% dari total pembiayaan perusahaan.

Baca Juga: Tren Penarikan Unit Kendaraan oleh Multifinance Terus Turun

Indina mengatakan, Kredivo merupakan paylater yang bekerjasama dengan e-commerce dan merchant dengan jumlah terbanyak dan merupakan market leader dengan 50% wallet share di mayoritas e-commerce ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli dan JD.ID. 

Menurutnya, melalui jangkauan dan kemitraan yang luas tersebut, Kredivo menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk membeli barang khususnya elektronik dengan metode cicilan atau bayar nanti di e-commerce

"Proses checkout juga cepat tanpa hambatan. Terakhir, kami juga selalu menawarkan promo-promo tertentu untuk pembelian elektronik kepada pengguna. Sehingga pengguna akan mendapatkan produk elektronik dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau secara cepat, mudah dan aman menggunakan Kredivo," imbuh Indina.

Anak perusahaan FIF Group, FIF Spektra juga mengakui, pembiayaan elektronik di tahun ini lebih baik terlebih di menjelang lebaran dan jika dibandingkan tahun lalu ada kenaikan berkisar 10%.

Baca Juga: Multifinance Semakin Fokus Masuk Segmen Mobil Ramah Lingkungan

"Pertumbuhan penjualan di pembiayaan elektronik tidak terlalu berdampak terhadap industri pembiayaan keseluruhan karena porsinya kecil dibanding industri. Untuk saat ini porsi pembiayaan elektronik masih di bawah 10% dari total pembiayaan," ujar Astra Multifinance President Director (Spektra), Ardian Prasetya.

Dalam menggenjot pembiayaan elektronik jelang lebaran, saat ini FIF Spektra lebih fokus kepada pelayanan yang menyasar konsumen yang mulai banyak mengunjungi toko offline kembali, disamping masih tetap menjaga konsumen belanja secara non offline yg tumbuh selama pandemi (multi channel).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×