kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Juli, kredit modal kerja perbankan tumbuh 11,5%


Senin, 24 September 2018 / 20:00 WIB
Juli, kredit modal kerja perbankan tumbuh 11,5%
ILUSTRASI.

Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) mencatat sampai Juli 2018, pertumbuhan kredit modal kerja mencapai 11,5% secara tahunan atau year on year (yoy). Pertumbuhan kredit modal kerja ini didorong oleh dua sektor yakni perdagangan hotel dan restoran serta industri pengolahan.

Sebagai gambaran, saja, untuk kredit sektor perdagangan, hotel dan restoran sampai Juli 2018 tumbuh 9,8% secara yoy. Sedangkan untuk kredit industri pengolahan mengalami pertumbuhan lebih tinggi yaitu 11,3% yoy.


Kenaikan kredit modal kerja ini juga didorong oleh peningkatan kredit di sektor komoditas sawit dan turunannya. Hal ini seiring dengan program pemerintah mengenai mandatory biodiesel B20 pada September 2018.

Selain itu, kredit modal kerja sektor pengolahan juga didorong oleh pertumuhan industri pupuk di Sumatra Selatan dan Jawa Barat dan industri kimia dan wilayah Banten.

Dalam riset sektor perbankan oleh Shinhan Sekuritas Indonesia, Helmi Therik mengakui bahwa sektor modal kerja merupakan salah satu pendorong pertumbuhan kredit pada tahun ini.

“Sebanyak 76% dari kredit yang disetujui adalah dari modal kerja,” tulis Helmi dalam keterangan resmi baru baru ini.




TERBARU

Close [X]
×