kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45855,84   4,11   0.48%
  • EMAS926.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Kinerja semua jenis unitlink mengalami koreksi pada semester I 2021


Senin, 02 Agustus 2021 / 15:11 WIB
Kinerja semua jenis unitlink mengalami koreksi pada semester I 2021
ILUSTRASI. Nasabah mengamati produk asuransi yang ditawarkan melalui kanal digital./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/26/01/221.

Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja unitlink (UL) hingga semester I-2021 di semua jenis mengalami koreksi. Baik unitlink berbasis pendapatan tetap, saham, dan campuran.

Merujuk data Infovesta hingga Semester I-2021, untuk unitlink pendapatan tetap rata-rata sebesar -0,28% tyd. Selanjutnya, ada unitlink campuran yang memberikan imbal hasil -2,84% ytd dan unitlink saham dengan imbal hasil -3,89% ytd.

Senior Research Analyst Infovesta Utama Praska Putrantyo mengatakan, sepanjang semester I-2021, secara agregat kinerja unitlink melalui kinerja indeks unitlink mengalami koreksi di mana unitlink jenis pendapatan tetap mencatat penurunan paling tipis, sementara pada kinerja unitlink berbasis campuran dan saham masih mencatat koreksi lebih dari -2% sepanjang periode tersebut.

"Adapun gejolak pasar keuangan diakibatkan sejumlah isu, seperti kenaikan yield US Treasury setelah inflasi tahunan AS terus meningkat ke rekor tertinggi dan pemulihan ekonomi AS juga negara besar lainnya yang lebih cepat sekaligus memicu kekhawatiran potensi tapering atau pengetatan moneter yang lebih cepat," ungkap Praska kepada kontan.co.id, Minggu (1/8).

Selain itu juga sambung Praska, dengan adanya kenaikan kasus Covid-19 secara global akibat varian baru sehingga berpotensi menghambat akselerasi pemulihan ekonomi, dan tekanan arus dana investor asing yang keluar karena mengantisipasi ketimpangan pemulihan ekonomi di tengah ketidakpastian baru setelah gelombang covid-19 varian baru kembali melanda. 

Baca Juga: Dana kelolaan industri dapen masih bisa tumbuh positif

Menurutnya, relatif tertinggalnya kinerja indeks unitlink dibanding indeks pasar, seperti IHSG yang sebesar 0,11%, maupun Indeks Obligasi Pemerintah yang sebesar 1,16% yang justru sudah mencetak return positif di Semester I-2021 diperkirakan karena pengaruh strategi alokasi aset portofolio, terutama penempatan pada produk-produk reksa dana.

Sementara itu, Praska menyebut, produk unitlink berbasis pendapatan tetap yang masih mampu mencetak penurunan terendah sepanjang Semester I-2021 karena ditopang oleh indeks obligasi, baik SBN maupun korporasi yang sebesar 2,67%, yang secara agregat mampu mencetak return positif.

"Bila dibandingkan dengan rata-rata kinerja reksa dana yang tercermin pada indeks masing-masing jenis reksa dana, kinerja unitlink dari setiap jenis juga hampir serupa mengikuti kinerja rata-rata produk reksa dana di setiap jenis. Hal tersebut terlihat pada kinerja indeks unitlink yang sama-sama masih mencetak return negatif seperti indeks reksa dana di periode semester I-2021," jelasnya.

Hingga akhir 2021, diperkirakan unitlink jenis saham dan pendapatan tetap yang akan memberikan return terbaik karena menurut Praska, pasar saham diperkirakan akan mulai pulih memasuki kuartal IV/2021 dan semakin terakselerasi.

Praska menambahkan, unitlink masih bisa menjadi andalan asuransi jiwa karena fokus pengembangan dana investasi sesuai dengan profil risiko nasabah masing-masing, serta pihak asuransi juga perlu meningkatkan edukasi bagi nasabah di mana pengembangan investasi yang melekat pada produk-produk unitlink bukan bersifat jangka pendek.

"Melainkan lebih kepada fitur pelengkap jangka panjang di samping yang terutama adalah mendapatkan manfaat perlindungan di masa depan dari produk unitlink tersebut," imbuh Praska.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×