kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,87   -1,64   -0.18%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kurangi Sampah Plastik dan Emisi Karbon, Bank Mandiri Luncurkan Kartu Kredit Virtual


Senin, 24 Juli 2023 / 15:10 WIB
Kurangi Sampah Plastik dan Emisi Karbon, Bank Mandiri Luncurkan Kartu Kredit Virtual
ILUSTRASI.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA - Bank Mandiri terus melahirkan inisiatif dan produk berkelanjutan dalam upayanya mewujudkan keuangan berkelanjutan (sustainable finance) di Indonesia. Kali ini, bank dengan aset terbesar ini meluncurkan kartu kredit tanpa kartu fisik (cardless credit card) Livin’ Everyday. 

Pada tahun pertama pemasaran kartu ini, Bank Mandiri memperkirakan potensi pengurangan emisi karbon hingga 3 ton CO2-eq/tahun. Lantaran, Livin’ Everyday merupakan kartu kredit virtual sehingga pengguna baru tidak akan dicetakkan ataupun dikirimi kartu kredit dalam wujud fisik.

Sehingga, nasabah dapat menyampaikan pengajuan kartu kredit, bertransaksi, dan mengakses informasi kartu kredit Livin’ Everyday melalui SuperApp Livin’. Kehadiran Livin’ Everyday sekaligus rebranding dari Mandiri Kartu Kredit Everyday yang sudah ada. 

Cardless credit card Livin’ Everyday ini merupakan salah satu strategi Bank Mandiri mengurangi limbah plastik dan emisi karbon dari proses produksi kartu, cetak, dan pengiriman kepada nasabah,” ujar Alexandra Askandar, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, di Jakarta. 

Lanjutnya, sebagai salah satu First Movers on Sustainability Banking di Indonesia, Bank Mandiri  terus mendorong tumbuhnya ekonomi rendah karbon dan tercapainya target net zero emission Indonesia pada tahun 2060. Ini merupakan bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan alias Sustainability Development Goals (SDGs) khususnya poin ke-12 dan 14.

“Peralihan ke kartu kredit virtual ini juga merupakan wujud komitmen kami menerapkan kerangka kerja Environment, Social, and Governance (ESG), khususnya aspek Environment,” imbuh Alexandra yang juga mengampu ESG Group, unit kerja khusus yang mengawal penerapan ESG di  Bank Mandiri.

Lebih lanjut Alexandra menyatakan, dengan menghadirkan kartu kredit virtual Livin’ Everyday, Bank Mandiri mengajak dan menggerakkan pemangku kepentingan. Khususnya nasabah, mengurangi sampah plastik dan ikut menerapkan prinsip keberlanjutan dalam kehidupan sehari-hari.

Upaya meningkatkan awareness ini merupakan pilar ketiga dalam strategi penerapan ESG Bank Mandiri, yakni pilar Sustainable Beyond Banking. Adapun dua pilar lainnya adalah Sustainable Operation dan Sustainable Banking.

Selain mengusung misi mulia demi keberlangsungan kehidupan di planet bumi, Livin’ Everyday yang menyasar segmen milenial dan Gen Z juga menawarkan berbagai layanan dan benefit. Di antaranya, belanja online, bayar cicilan, dana tunai, pembayaran QRIS, dan bayar tagihan rutin. Istimewanya lagi, kartu kredit virtual ini bebas iuran tahunan. Beragam promo spesial dari berbagai merchant pilihan pun dapat dinikmati nasabah. 

Proses pengajuan kartu kredit berkelanjutan ini juga mudah. Nasabah cukup melakukan pengajuan di Aplikasi Livin’ by Mandiri. Tinggal pilih menu atau banner “Ajukan Pinjaman” lalu, pilih menu kartu kredit dengan produk Livin’ Everyday.

Selanjutnya, nasabah tinggal mengikuti panduan di layar dan mengisi data-data. Setelah proses pengajuan sukses, kartu kredit virtual siap digunakan bertransaksi. Nasabah tidak perlu lagi melakukan proses aktivasi kartu, sebab tidak ada lagi pencetakan dan pengiriman kartu kredit dalam bentuk fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×