kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

LPDB-KUMKM targetkan dapat salurkan dana bergulir sebesar Rp 1,85 triliun tahun ini


Rabu, 01 Januari 2020 / 19:45 WIB
LPDB-KUMKM targetkan dapat salurkan dana bergulir sebesar Rp 1,85 triliun tahun ini
ILUSTRASI. Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Ma'ruf Amin (kiri), Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani (kanan), Senior Vice President Corporate Secretary Telkomsel Muharam Perbawamukti (kedua kanan), Presdir Simac Gus Nur Rahman (tengah) dan Direktur Uta

Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) targetkan di tahun 2020 dapat menyalurkan dana bergulir sebesar Rp 1,85 triliun.

Target tersebut tumbuh sekitar 8,8% dari pencapaian dana bergulir di tahun 2019 yaitu sebesar Rp 1,72 triliun.

Baca Juga: Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) telah mencapai Rp 127,3 triliun tahun 2019 ini

Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo mangatakan, target tersebut sudah di tetapkan dengan dewan pengawas. LPDB juga terus mendorong agar target tersebut dapat tersalurkan kepada para pelaku UKM.

"Tentunya kita mendorong UKM untuk naik kelas seperti yang diarahkan oleh pemerintah. Strategi dari LPDB ini di atas dari program kredit yang ada seperti UMI, KUR. Jadi penyaluran kita di atas Rp 500 juta. Banyak UKM dan koperasi yang baru berdiri, mengajukan LPDB namun tidak memiliki pengalaman. Mereka harus memiliki pengalaman dua tahun, dari tahun ke tahun menunjukan kinerja yang baik, itu yang akan kita lakukan kepada UKM naik kelas,"kata Braman Setyo kepada Kontan.co.id

LPDB pada tahun 2020 melakukan transformasi digital seperti pengajuan proposal pinjaman maupun pembiayaan untuk tahun 2020 dapat dilakukan melalui online.

Dan juga untuk pengajuan proposal bisa dilakukan melaui jasa pengiriman seperti POS/kurir maupun datang langsung ke LPDB KUMKM.

Baca Juga: Selain pembiayaan, Kemenkop akan bantu warung naik kelas lewat aplikasi

Semua urusan keuangan LPDB baik internal maupun eksternal menggunakan basis teknologi. Tentunya ini akan efisien tanpa mengeluarkan banyak biaya dari calon mitra."mudah-mudahan di Januari 2020 sudah dapat berjalan program ini," jelasnya.




TERBARU

Close [X]
×