kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,38   -2,52   -0.26%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mau Akuisisi, BTN (BBTN) Sudah Kirim Surat Ketertarikan kepada 2 Bank Incaran


Rabu, 29 November 2023 / 14:24 WIB
Mau Akuisisi, BTN (BBTN) Sudah Kirim Surat Ketertarikan kepada 2 Bank Incaran
ILUSTRASI. Antrean nasabah untuk bertransaksi di Kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) Cabang Harmoni, Jakarta, Rabu (16/6/2021).


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) sudah mengirimkan surat ketertarikannya untuk mengakuisisi saham bank lain.  Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu mengatakan setidaknya ada dua bank yang telah dikirimi surat sejak awal November 2023.

"Kami akui saat ini memang sudah mengirimkan letter of interest kepada dua objek (bank) yang sudah dikirimkan sejak awal November 2023,"kata dia Rabu (29/11).

Lebih lanjut pihaknya belum dapat memberitahukan nama dari bank yang dibidik tersebut mengingat belum ada proses deal dari pihak masing-masing bank. 

Adapun terkait proses akuisisi tersebut, Nixon memperkirakan akan rampung pada April sampai Juni 2024 mendatang, mengingat taksiran waktu yang dibutuhkan sekitar 2 sampai 3 bulan untuk proses administrasi.

Baca Juga: Ambisi BTN Bentuk Bank Syariah Terbesar Kedua Lewat Spin Off UUS dan Akuisisi

Jika mencermati pernyataan Nixon, UUS BTN nampaknya tidak akan masuk ke PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS).

"Sebelumnya memang kabarnya kan dengan anak usaha BUMN, tidak perlu sebut namalah ya. Tapi kami kemudian memiliki opsi lain," kata dia.

Lebih lanjut Nixon menyebut opsi yang dipilih adalah dengan melakukan transaksi equity atau akuisisi bank lain.

"Ini ada kajiannya juga, dibantu oleh konsultan. Di semester 2 tahun depan, UUS akan kami keluarkan dari BTN dan digabungkan dengan yang akuisisi ini. Angkanya sih ada, tapi belum bisa disebut," kata Nixon.

"Targetnya adalah menjadi bank terbesar syariah nomor 2 di Indonesia," Tegasnya.

Asal tahu saja, Nixon menyebut ada tiga jalan yang bisa ditempuh untuk membentuk bank umum syariah, yakni pertama adalah membentuk satu bank syariah yang berdiri sendiri.  

Baca Juga: Rugi Bank Neo Commerce (BBYB) Susut 5,84% Jadi Rp 566,06 Miliar hingga Kuartal III

Namun kata Nixon untuk melakukan hal tersebut butuh waktu yang sangat panjang dan pengurusan izin yang banyak ke regulator terkait produk bank, mengingat hal tersebut sama saja dengan membentuk bank umum syariah dari awal awal lagi. 

Kedua, adalah dengan jalan akuisisi saham bank lain yang sudah eksisting. Dan ketiga adalah dengan pilihan meleburkan BTN syariah ke bank lain. Namun kata Nixon hal tersebut memiliki dampak kepada pajak yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×