kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Maucash: Peningkatan Sistem Credit Scoring Berperan Penting Tekan Angka Kredit Macet


Kamis, 04 April 2024 / 08:44 WIB
Maucash: Peningkatan Sistem Credit Scoring Berperan Penting Tekan Angka Kredit Macet
ILUSTRASI. Maucash menyatakan peningkatan sistem electronic Know Your Customer (e-KYC) dan credit scoring berperan penting untuk tekan angka kredit macet.


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Fintech peer to peer (P2P) lending Maucash menyatakan peningkatan sistem electronic Know Your Customer (e-KYC) dan credit scoring sangat berperan penting untuk menekan angka kredit macet.

Direktur Marketing Maucash Indra Suryawan mengatakan perusahaan sejak berdiri pada 2018 hingga saat ini selalu memperbaharui dan meningkatkan kalibrasi terhadap sistem scoring yang dimiliki.

"Sebab, kami dari awal sudah menjalankan proses akuisisi yang prudent dalam menjalankan bisnis operasional perusahaan. Jadi, sistem e-KYC atau kredit scoring tentu saja harus berjalan simultan dan berkelanjutan," katanya kepada Kontan, Rabu (3/4).

Indra menyebut saat ini angka kredit macet Maucash masih tergolong baik, stabil, dan tidak ada lonjakan yang berarti. Dia pun memprediksikan kredit macet akan membaik secara signifikan, apalagi sejak perusahaan fokus dalam penyaluran untuk segmen produktif. 

Baca Juga: Ada Rencana Moratorium Fintech Lending Bakal Dicabut, Ini Kata Maucash

Indra beranggapan segmen produktif memang berbeda dengan segmen konsumtif yang sempat menjadi fokus perusahaan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Kami optimistis segmen produktif adalah segmen yang baik dan juga sudah terlihat di kuartal I-2024. Kami yakin akan menjadi lebih baik di kuartal selanjutnya pada 2024," ujarnya.

Sementara itu, Indra menyebut penyaluran pendanaan di kuartal I-2024 tercatat meningkat 18%, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun, dia tak membeberkan angka penyalurannya.

Berdasarkan situs resmi perusahaan, akumulasi pinjaman Maucash sejak berdiri tercatat mencapai Rp 4,94 triliun. Adapun TKB90 perusahaan tercatat sebesar 96,1%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×