kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Maybank Marathon 2023 Bikin Ekonomi Bali Semakin Berlari Kencang, Ini Buktinya


Sabtu, 26 Agustus 2023 / 10:49 WIB
Maybank Marathon 2023 Bikin Ekonomi Bali Semakin Berlari Kencang, Ini Buktinya


Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID -BENOA. Maybank Marathon 2023 bukan hanya menjadi salah satu event race terbesar di Indonesia. Hajatan yang diselenggarakan ke-12 sejak tahun 2012 oleh PT Bank Maybank Indonesia, Tbk ini juga memberikan efek positif bagi perekonomian Bali.

Maybank Marathon bakalan membuat ekonomi Bali dan sekitarnya menjadi semakin berlari setelah terpuruk pasca pandemi Covid-19 lalu. 

Presiden Direktur Bank Maybank Indonesia Taswin Zakaria menyebutkan memang hingga kini belum pernah menghitung secara riil dampak perekonomian dari penyelenggaran Maybank Marathon. Namun, jika dhitung secara kasar ada beberapa hal yang bisa menjadi ukuran sederhana dari penyelenggaran event lari ini. 

Jika dhitung dari jumlah peserta sekitar 13.600, yang menurut Taswin sangat sedikit berasal dari orang lokal atau warga Bali.  

Makanya jika dihitung satu orang peserta yang merupakan wisatawan  membawa satu orang pendamping maka minimal akan ada 20.000 orang yang berkunjung ke Bali di ajang Maybank Marathon 2022. "Namun itu kalau cuma dua orang. Kalau saya saja bawa keluarga hingga total ada lima orang," ujar Taswin dalam acara Press Conference Maybank Marathon 2023.

 

Puluhan ribu wisatawan yang datang ke Bali itu berarti membeli tiket pesawat, lalu menggunakan hotel di Bali ditambah makan dan minum. "Belum lagi lagi belanja-belanja di Bali," tutur Taswin.  

Jika dihitung secara akumulasi maka ada pergerakan ekonomi yang signifikan selama dua hingga tiga hari di Bali. 

Taswin juga menceritakan bagaimana event Maybank Marathon di tahun 2022 lalu menjadi salah satu momen terbaik mengembalikan kepercayaan publik lokal dan internasional terhadap Bali. Di tahun 2022 memang banyak turis lokal dan internasional yang takut berkunjung ke Bali karena masih dalam masa pandemi. "Kami bisa berpartisipasi mengembalikan kepercayaan masyarakat Indonesia dan internasional berkunjung ke Bali," ceritanya. 

Belum lagi UMKM yang memang ikut tergerak karena even lari ini. Taswin menceritakan kelomppk usaha mikro yang menjadi nasabah dari Maybank juga ikut berpartisipasi dalam acara tahunan ini. "Bagi kami ini rezeki buat semua orang," pungkasnya.     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×