kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengenal Tom Lee, Presiden Direktur yang Jadi Sosok di Balik Digitalisasi KB Bank


Rabu, 08 Mei 2024 / 08:30 WIB
Mengenal Tom Lee, Presiden Direktur yang Jadi Sosok di Balik Digitalisasi KB Bank
ILUSTRASI. Direktur Utama KB Bank, Woo Yeul Lee. KONTAN/Baihaki


Reporter: Harris Hadinata, Nurtiandriyani Simamora | Editor: Harris Hadinata

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) terus melanjutkan transformasi bisnis. Bank ini antara lain memperkuat brand dengan menggunakan nama KB Bank, serta memperkuat digitalisasi.

Untuk mendukung perbaikan kinerja, pemilik baru KB Bank, yakni Kookmin Bank, menunjuk Woo Yeul Lee sebagai Presiden Direktur bank ini. Pria yang memiliki nama Inggris Tom Lee ini disahkan sebagai nakhoda KB Bank melalui rapat umum pemegang saham pada Mei 2022 silam.

Penunjukan Tom Lee sebagai Presiden Direktur KB Bank tidak sembarangan. Apalagi, KB Financial Group (KBFG), sebagai induk usaha KB Bank saat ini, berniat memperkuat performa bisnis KB Bank dengan meningkatkan digitalisasi.

Baca Juga: Ada Raksasa Keuangan Korea Selatan, di Balik Transformasi KB Bank

Tom Lee bisa dibilang sebagai bankir yang kariernya berkembang bersama KBFG. Menurut laporan Business Post, Tom Lee pernah dipercaya menjadi Kepala Kantor Kookmin Bank Cabang Yangjaenam di Yangjae-dong.

Karier Tom Lee terus menanjak sampai akhirnya masuk ke jajaran petinggi Kookmin Bank. Sebelum ditunjuk sebagai Presiden Direktur KB Bank, Tom Lee pernah menjabat sebagai Chief Human Resources Officer (CHO) KB Financial Group di periode Januari 2021–Desember 2021 serta Chief Strategic Officer (CSO) KB Financial Group sejak Januari 2022 hingga Mei 2022.

Sebelum itu, Tom Lee merupakan salah satu andalan divisi teknologi informasi alias IT di KBFG. Di periode Januari 2019 hingga Desember 2020, Tom merupakan IT Group Head KB Kookmin Bank. Ia juga pernah didapuk sebagai Chief IT Officer (CITO) KBFG. Berbagai inovasi digital yang diterapkan perusahaan keuangan terbesar di Korsel tersebut merupakan hasil pemikiran pria kelahiran 1964 ini.

Baca Juga: Berikut Fasilitas dan Layanan Nasabah Prioritas Dari KB Bank

Tom Lee merupakan orang yang membidani dan mengepalai The K Project. Ini adalah proyek digitalisasi menggunakan sistem perbankan generasi baru, yang dikembangkan Kookmin Bank untuk meningkatkan layanan terhadap nasabah.

Salah satu terobosan yang dilahirkan Tom Lee di Korsel adalah pembuatan Insight Branch. Ini adalah kantor cabang Kookmin Bank. Uniknya, kantor cabang ini hanya dijalankan oleh staf TI.

Tom Lee, sebagaimana dalam wawancaranya dengan etnews, menuturkan, dengan adanya Insight Branch ini, nasabah diharapkan lebih mengenal produk dan layanan digital Kookmin Bank, sehingga nasabah juga lebih nyaman menggunakan produk dan layanan tersebut.

Insight Branch ini juga berfungsi sebagai media riset pengembangan digital KBFG. “Tujuannya adalah untuk mengetahui dan meningkatkan apa yang perlu ditingkatkan,” tutur Tom kala itu, seperti dikutip etnews.

Baca Juga: Ingin Raih Kepercayaan, KB Bukopin Bakal Ganti Nama Jadi KB Bank

Tom kini berupaya menerapkan kesuksesan yang ia capai di Korsel tersebut di Indonesia. Lewat Shine Project, Tom Lee melakukan penerapan next generation banking systems (NGBS) di KB Bank.

Di Indonesia, kelompok usaha KBFG ini mengusung jargon ‘Anda bisa melakukan transaksi bank di mana saja, meskipun tidak di bank’. Hasil dari penerapan NGBS ini sudah terlihat. Tahun lalu, KB Bank meluncurkan aplikasi perbankan digitalnya, KB Star.

Tom Lee juga masih punya terobosan baru di dalam negeri. Pada Juni ini, KB Bank bakal kembali mengumumkan inovasi baru dalam hal digital banking. Tapi, Tom masih belum mau buka-bukaan soal ini.

"Kini KB Bank sudah melakukan banyak perubahan, kami melakukan banyak persiapan agar bisa melakukan peningkatan satu demi satu, demi jadi lebih baik," papar Tom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×