kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,60   -1,16   -0.12%
  • EMAS977.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Meski ada pandemi, Bank Mandiri masih yakin salurkan KUR Rp 30 triliun di 2020


Sabtu, 25 Juli 2020 / 08:50 WIB
Meski ada pandemi, Bank Mandiri masih yakin salurkan KUR Rp 30 triliun di 2020


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) telah merealisasikan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 7,03 triliun sepanjang semester I 2020. Capaian tersebut baru 39,69% dari target atau kuota KUR perseroan tahun ini.

Pandemi Covid-19 yang telah menekan bisnis para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) membuat penyaluran KUR Bank Mandiri melambat sejak Pembatasan Besar Berskala Besar (PSBB).

Baca Juga: BTN sudah salurkan kredit Rp 3 triliun dari dana pemerintah

Meski begitu, Bank Mandiri optimis bisa menyalurkan seluruh kuota KUR yang diamanahkan pemerintah pada perseroan tahun ini yakni Rp 30 triliun. Pasalnya, penyalurannya sejak Juni sudah mulai bergerak naik setelah adanya pelonggaran PSBB.

"Penyaluran sejak Juni mulai naik karena UMKM dan usaha produktif lainnya mulai aktif kembali dan membutuhkan fasilitas permodalan untuk mengembangkan dan menopang usaha yang dimiliki," kata Rully Setiawan, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri, Jumat (24/7).

Adapun sektor yang paling banyak menyerap KUR ini setelah pelonggaran PSBB adalah sektor produksi seperti pertanian, jasa produksi, dan perdagangan sembako atau alat-alat kesehatan.

Penyaluran KUR Bank Mandiri sepanjang semester I didominasi pada sektor produksi sebanyak Rp 4,31 Triliun atau sebesar 61.23% dari total penyaluran KUR sampai dengan Juni 2020 dengan rincian per sektor, yaitu sektor pertanian, sektor Perikanan, sektor Industri pengolahan, Sektor Pertambangan, dan Sektor Jasa Produksi.

Baca Juga: BRI sinergikan tiga ekosistem untuk akselerasi digitalisasi UMKM

Rully bilang, dengan adanya Covid-19, Bank Mandiri tentu terus berkomitmen dalam mencapai target penyaluran 60% ke sektor produksi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×