kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Mulai BBRI Hingga BBCA, Ini Deretan Bank Paling Bernilai di Indonesia


Senin, 12 Juni 2023 / 19:16 WIB
Mulai BBRI Hingga BBCA, Ini Deretan Bank Paling Bernilai di Indonesia
Mulai BBRI Hingga BBCA, Ini Deretan Bank Paling Bernilai di Indonesia


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Konsultan brand valuation (valuasi merek) terkemuka di dunia Brand Finance mempublikasikan nilai valuasi perusahaan paling bernilai di Indonesia. Dalam publikasi tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI) dinobatkan sebagai brand dengan valuasi paling tinggi atau paling bernilai di Indonesia, yakni sebesar US$ 4,3 miliar atau setara Rp 63,86 triliun.

Dalam publikasi tersebut, BBRI mengungguli PT Bank Mandiri (BMRI), PT Bank Central Asia (BBCA), dan PT Bank Negara Indonesia (BBNI) dengan valuasi masing-masing sekitar US$ 3,3 miliar, US$ 2,7 miliar, dan US$ 1,5 miliar.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa hal tersebut menjadi bentuk apresiasi atas keberhasilan BRI dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, sehingga BRI mampu terus meningkatkan reputasi dan kepercayaan masyarakat secara jangka panjang.

Baca Juga: Kisruh Emiten BUMN Karya Tidak Akan Mempengaruhi Total Kapitalisasi Pasar BUMN

“BRI berhasil menjadi merek dengan nilai tertinggi dan yang melekat di masyarakat. Ini bukti dari keberhasilan perseroan dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat luas”, jelas Sunarso.

Keberhasilan BRI memuncaki daftar merek paling bernilai di Indonesia tak lepas dari kinerja keuangan yang kuat dari perseroan. Pada 3 bulan pertama (kuartal I) tahun 2023, BRI berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 15,56 triliun, tumbuh 27,4% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Pencapaian tersebut tak lepas dari komitmen BRI yang mampu menciptakan value secara konsisten dengan fokus tumbuh pada segmen UMKM, dengan pengelolaan risiko yang baik. Di samping itu, BRI juga terus melanjutkan transformasi digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, serta meningkatkan pelayanan kepada para nasabah,” lanjutnya.

 

BRI juga terus tumbuh secara anorganik melalui berbagai aksi korporasi, salah satunya pada tahun 2022, BRI berhasil mengakuisisi Danareksa Investment Management, dengan tujuan untuk memantapkan diri sebagai one-stop financial services provider. Dari sisi wholesale, BRI menangkap kebutuhan digital nasabahnya dengan meluncurkan QLola pada tahun 2022.

Baca Juga: Simak Arah IHSG dan Rekomendasi Saham Pilihan Analis di Pekan FOMC The Fed

Faktor lain yang membuat valuasi merek BRI terus naik yakni keberadaan super apps BRImo yang telah menjadi aplikasi perbankan yang memiliki paling banyak pengguna di Indonesia, dengan mencapai lebih dari 26,3 juta total pengguna pada akhir kuartal I 2023 dengan volume transaksi finansial mencapai sebesar Rp 884 triliun selama 3 bulan, atau meningkat 99,07% yoy.

Sementara kesuksesan BMRI dilihat dari kinerjanya yang cemerlang selama kuartal I 2023. Strategi jitu perseroan membawa laba bersih bank melompat dua digit. Merujuk laporan keuangan Bank Mandiri, laba bersih konsolidasi melompat 25,2% secara tahunan (YoY) menjadi Rp 12,6 triliun pada kuartal I 2023.




TERBARU

[X]
×