Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan pada tahun ini tren pembukaan kantor cabang perbankan mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.
Tahun ini, menurut Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK pembukaan cabang bank tidak terlalu banyak. "Tahun ini bank banyak menambah agen branchless," kata Wimboh ketika ditemui di peresmian fintech office, Senin (20/8).
OJK mendorong bank mengoptimalkan peran teknologi. Hal ini untuk mengantisipasi persaingan dengan fintech.
Dengan tidak banyaknya pembukaan cabang ke depan, bagaimana nasib pegawai bank? Menurut Wimboh nantinya pegawai bank yang tadinya di bagian depan atau customer service bisa ditempatkan di belakang atau back office di bagian analisis.
Anika Faisal, Direktur Kepatuhan BTPN mengakui memang pembukaan cabang tahun ini tidak sebesar tahun lalu.
"Kami melihat tren ini dari dua tahun lalu," kata Anika kepada kontan.co.id dalam acara peresmian fintech office, Senin (20/8).
Meskipun pembukaan cabang tahun ini tidak banyak, namun bank tetap bisa mengoptimalkan bisnis dengan mengoptimalkan teknologi.
Seperti diketahui, BTPN memiliki platform Jenius yang memungkinkan menambah nasabah tanpa mengharuskan datang ke cabang.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News