kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,30   1,66   0.18%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo Beri Peringkat idAA+ untuk Oto Multiartha, Ini Alasannya


Selasa, 15 Februari 2022 / 10:06 WIB
Pefindo Beri Peringkat idAA+ untuk Oto Multiartha, Ini Alasannya
ILUSTRASI. PT OTO Multiartha mendapat rating idAA+ dari Pefindo


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idAA+ untuk perusahaan pembiayaan PT Oto Multiartha (OTO) dan beberapa obligasinya yang akan jatuh tempo pada tahun ini.

Adapun, beberapa obligasi tersebut, antara lain Obligasi III tahun 2019 Seri B OTO senilai Rp 320 miliar yang jatuh tempo pada 26 April 2022 dan Obligasi I tahun 2017 Seri C sebesar Rp 217 miliar yang jatuh tempo pada tanggal 30 Mei 2022.

Kesiapan perusahaan untuk melunasi obligasi tersebut didukung oleh kas dan setara kas sebesar Rp 1,8 triliun dan fasilitas kredit yang belum digunakan sebesar Rp 12,8  triliun per Desember 2021.

Pefindo pun menyebut obligor dengan peringkat idAA memiliki kapasitas yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya dan hanya sedikit berbeda dengan obligor dengan peringkat tertinggi.

“Peringkat tersebut mencerminkan status OTO sebagai afiliasi yang strategis dari pemegang sahamnya, posisi bisnis yang kuat, dan kapitalisasi sangat kuat,” tulis Pefindo dikutip dalam pengumumannya, Selasa (15/2).

Baca Juga: Akan Jatuh Tempo, Pefindo Naikkan Peringkat Obligasi SAN Finance

Meskipun demikian, Pefindo menilai peringkat tersebut dibatasi oleh persaingan yang ketat di industri. Mengingat, peringkat dapat turun jika jika profil bisnis atau kualitas aset OTO terus berlanjut memburuk secara substansial dimana hal itu dapat mempengaruhi dukungan induk.

Sekadar informasi, OTO adalah perusahaan yang berfokus pada pembiayaan mobil, pinjaman tunai, dan leasing. Saat ini, perusahaan memiliki 94 cabang dan titik pemasaran, 1.684 karyawan, dan lebih dari 5.000 dealer mobil resmi di kota-kota besar Indonesia.

Per 31 Desember 2021, perusahaan sepenuhnya dimiliki oleh PT Summit Auto Group (49,9%), Sumitomo Mitsui Banking Corporation (35,1%), dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk (15,0%). Sementara, PT Summit Auto Group secara langsung dan tidak langsung dimiliki sepenuhnya oleh Sumitomo Corporation, Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×