kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS948.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Pefindo beri peringkat idBBB+ dengan prospek stabil kepada Bank Mestika


Rabu, 23 Juni 2021 / 22:00 WIB
Pefindo beri peringkat idBBB+ dengan prospek stabil kepada Bank Mestika

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idBBB+ dengan prospek terhadap peringkat perusahaan stabil kepada PT Bank Mestika Dharma Tbk. Obligor dengan peringkat idBBB memiliki kemampuan yang memadai dibandingkan obligor Indonesia lainnya untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. 

“Walaupun demikian, kemampuan obligor lebih mungkin akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi. Tanda tambah (+) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan,” ujar Pefindo dalam pernyataan tertulis pada Rabu (23/6). 

Pefindo menyatakan peringkat tersebut mencerminkan permodalan Bank Mestika yang kuat, profil likuiditas yang di atas rata-rata, dan bisnis dengan margin yang tinggi didukung oleh bauran pendanaan yang baik. Namun, peringkat dibatasi oleh eksposur Bank pada risiko konsentrasi, kualitas aset yang moderat, dan kompetisi yang semakin ketat di industri. 

Baca Juga: BI tak terbitkan UPK 75 RI dalam bentuk logam

Peringkat dapat dinaikkan jika Bank Mestika secara signifikan dan berkelanjutan dapat memperkuat posisi bisnisnya sekaligus mengurangi risiko konsentrasi kredit. Pada saat yang sama, bank harus dapat terus memperbaiki indikator kualitas aset dan profitabilitas.

Peringkat dapat diturunkan jika posisi bisnis Bank memburuk signifikan atau kualitas aset dan profitabilitas Bank memburuk tajam. 

“Kami melihat pandemi Covid-19 telah menaikkan profil risiko industri perbankan secara keseluruhan, mengakibatkan penurunan aktivitas bisnis yang substansial di hampir seluruh sektor, mengakibatkan penurunan permintaan untuk kredit dan jasa perbankan lainnya. Sejalan dengan perlambatan bisnis, kemampuan membayar debitur melemah, menambah tekanan pada kualitas aset, yang selanjutnya memperburuk indikator profitabilitas dan likuiditas bank,” jelas Pefindo. 

Lebih lanjut, Pefindo melihat Covid-19 berdampak moderat terhadap profil kredit Bank Mestika secara keseluruhan. Namun demikian, kemungkinan adanya debitur menunggak tidak dapat dikesampingkan mengingat total kredit yang direstrukturisasi yang cukup besar sebesar 12,7% di sepanjang 2020.

Baca Juga: Penguatan sistem keamanan perbankan menjadi kunci kemajuan digitalisasi perbankan

Didirikan pada tahun 1955, Bank Mestika adalah bank komersial yang memiliki fokus pada kredit korporasi dan komersial dengan kantor pusat berlokasi di Medan, Sumatera Utara.

Selain kantor pusat, operasional Bank didukung oleh 12 kantor cabang, 41 kantor cabang pembantu, dan 11 kantor lainnya. Pada 31 Desember 2020, 89,4% saham Bank dimiliki oleh PT Mestika Benua Mas, 10,5% dimiliki oleh masyarakat, dan 0,1% dimiliki oleh perorangan.

Selanjutnya: Biaya dana BTN, BNI dan Bank Woori sudah menyusut

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×