kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pinjaman Pegadaian untuk Ultra Mikro Bisa Diakses di Outlet SenyuM BRI


Sabtu, 03 Februari 2024 / 14:21 WIB
Pinjaman Pegadaian untuk Ultra Mikro Bisa Diakses di Outlet SenyuM BRI
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. JAKARTA,10/2-LABA PEGADAIAN TUMBUH. Karyawan melayani calon nasabah di kantor pusat Pegadaian, Jakarta, Kamis (10/2/2022). PT Pegadaian mencatatkan laba yang menggembirakan di masa Pandemi Covid-19 sepanjang 2021 dengan tumbuh 2 digit. Pada tahun 2020, Perseroan membukukan laba sebesar Rp.2,02 triliun naik menjadi Rp.2,42 triliun pada tahun 2021 atau tumbuh 20%. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Holding Ultra Mikro (UMi) yang dipimpin PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus berkomitmen menyalurkan pembiayaan usaha bagi nasabah segmen ultra mikro. Baik BRI maupun PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM sebagai entitas holding UMi menyediakan sejumlah produk pembiayaan yang dapat dipilih masyarakat sesuai kebutuhannya.

Sekretaris Perusahaan Pegadaian Yudi Sadono menyampaikan, secara umum Pegadaian memiliki beberapa produk untuk pinjaman usaha yang dibagi berdasarkan nominal pinjamannya, mulai dari Rp1 juta sampai Rp10 juta.

Salah satu produk, yakni Pegadaian Kreasi Ultra Mikro (UMi) merupakan program yang dapat membiayai semua sektor ekonomi terkait usaha ultra mikro. Ini dengan catatan usaha tersebut tidak termasuk dalam jenis usaha yang dilarang dibiayai oleh perusahaan atau pemerintah.

Baca Juga: Berkenalan dengan Program Pengembangan Kapasitas Usaha PNM

Nominal pinjaman yang bisa diberikan melalui Pegadaian Kreasi Ultra Mikro berkisar Rp1 juta—Rp20 juta dan terdapat biaya administrasi hanya sebesar 1%. “Jaminan untuk pinjaman ini hanya berupa tanda Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB),” ujar Yudi kepada Kontan.co.id, November 2023 lalu.

Tenor pinjaman Kreasi Ultra Mikro bervariasi antara 12, 18, 24, dan 36 bulan dengan bunga flat 1,12% per bulan. Terdapat pilihan tenor dan bunga untuk sekali bayar yang terdiri dari tenor 3 bulan dengan bunga 6%, tenor 4 bulan sebesar 8%, dan tenor 6 bulan sebesar 12%.

Ada pula tenor bulanan yang mencakup angsuran 3 bulanan (12, 18, 24, 36 bulan), angsuran 4 bulanan (12, 24, 36 bulan), dan angsuran 6 bulan (12, 18, 24, 36 bulan). “Angsuran 3 bulanan dikenakan bunga 3,86%, angsuran 4 bulanan sebesar 5,47%, sedangkan angsuran 6 bulanan sebesar 9,17%,” lanjut dia.

Untuk mendapatkan pembiayaan lewat Kreasi Ultra Mikro, para pelaku usaha hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen yang meliputi foto nasabah, foto KTP nasabah dan pasangan/keluarga dalam satu Kartu Keluarga, foto Kartu Keluarga, foto jaminan, foto usaha, dan foto tempat tinggal.

Yudi memastikan bahwa layanan Kreasi Ultra Mikro dapat ditemukan dan diakses di seluruh outlet Pegadaian di Indonesia.

Tren penyaluran pinjaman usaha ultra mikro di Pegadaian pun terus mengalami pertumbuhan positif. Per September 2023, jumlah penyaluran pinjaman ultra mikro Pegadaian mencapai Rp465 miliar atau naik 26% year on year (YoY) dari periode yang sama tahun lalu yakni Rp345 miliar.

Pegadaian yakin penyaluran pinjaman usaha ultra mikro akan terus meningkat dan bertambah peminatnya. Pegadaian akan melanjutkan strateginya melalui program kerja sama dengan kemitraan/lembaga/pemerintah daerah untuk penyaluran pinjaman tersebut.

Baca Juga: Berkat Holding Ultra Mikro, Kini Gadai Bisa Diajukan di Agen BRILink dari BRI

“Kami juga lakukan sosialisasi pembiayaan ultra mikro bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Koperasi, dan Kementerian Keuangan,” lanjut Yudi.

Selain di outlet Pegadaian, layanan ultra mikro holding UMi juga bisa didapatkan di outlet BRI, kantor PNM, serta unit kerja bersama atau co-location SenyuM. Per September 2023, terdapat 1.016 unit outlet SenyuM di seluruh Indonesia. Masyarakat pun dapat mengakses layanan keuangan UMi melalui kanal digital, yaitu aplikasi mobile SenyuM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×