kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,46   0,81   0.09%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PNM Mekaar Jangkau Nasabah Perempuan Demi Keluarga Sejahtera


Rabu, 06 Maret 2024 / 23:41 WIB
PNM Mekaar Jangkau Nasabah Perempuan Demi Keluarga Sejahtera
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Konsumen mengamati produk ukm di mal Tangerang, Selasa (24/5). Bank Indonesia mencatat perbankan menyalurkan 21,95 persen dari total kredit kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM pada kuartal I 2022. Kredit perbankan tersebut disalurkan kepada 38,9 juta UMKM atau mencapai lebih dari setengah jumlah UMKM di Indonesia yang sebesar 64 juta./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/24/05/2022.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Pertemuan kelompok seperti arisan atau pengajian biasa dilakukan perempuan dalam komunitas. Soliditas dalam kelompok seperti ini dimanfaatkan Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk menyalurkan pembiayaan sekaligus pemberdayaan segmen ultra mikro melalui layanan Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). 

PNM Mekaar merupakan layanan pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera pelaku UMKM. Pada dasarnya, nasabah PNM Mekaar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha.

Namun terbatasnya akses pembiayaan modal kerja menyebabkan keterampilan berusaha mereka kurang termanfaatkan. Beberapa alasan keterbatasan akses tersebut meliputi kendala formalitas, skala usaha, dan ketiadaan agunan.

Oleh karena itu, PNM menerapkan sistem kelompok tanggung renteng yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan akses pembiayaan sehingga para nasabah mampu mengembangkan usaha dalam rangka menggapai cita-cita dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Baca Juga: PNM Mekaar Syariah Bantu Perempuan Pra-Sejahtera Kembangkan Usaha Ultra Mikro

Secara garis besar, manfaat yang disalurkan oleh Perusahaan melalui layanan PNM Mekaar, meliputi:

Peningkatan pengelolaan keuangan;

Pembiayaan modal tanpa agunan;

Penanaman budaya menabung; dan

Kompetensi kewirausahaan dan pengembangan bisnis.

Baca Juga: PNM Mekaar Berikan Alternatif Pembiayaan Bagi Usaha Ultra Mikro

Dikutip dari situs resminya, berikut kriteria yang wajib dipenuhi nasabah PNM Mekaar:

Layanan PM Mekaar difokuskan kepada perempuan pelaku usaha mikro dengan kondisi keluarga yang memiliki indeks pendapatan per kapita maksimal USS1,99 per hari atau Rp 800.000 per bulan serta memenuhi indeks rumah (Cashpoor Index House);

Pembiayaan PNM Mekaar tidak mensyaratkan agunan fisik, melainkan bersifat tanggung renteng kelompok. Dengan syarat kedisiplinan untuk mengikuti proses persiapan dan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM).

Satu kelompok minimal terdiri dari 2 subkelompok dan maksimal 6 subkelompok dengan masing  masing subkelompok beranggotakan 5- 30 nasabah;

Setiap kelompok/subkelompok dipimpin oleh seorang ketua;

Pertemuan kelompok wajib dilaksanakan setiap pekan, sebagai salah satu cara untuk membayar angsuran mingguan.

Nah, jadi, Mekaar PNM tidak bisa diajukan secara online. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×