kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

QRIS BRI Bantu UMKM Uluwatu Tingkatkan Penjualan


Kamis, 29 Februari 2024 / 20:01 WIB
QRIS BRI Bantu UMKM Uluwatu Tingkatkan Penjualan
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Era digital mau tak mau membuat pelaku usaha beradaptasi untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. Bank Rakyat Indonesia (BRI) memfasilitasi kebutuhan ini dengan menyediakan layanan Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS) di kawasan wisata Pura Uluwatu, Bali.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) melalui unit perdagangan di kawasan Pura Uluwatu, merasakan adanya kemudahan sekaligus peningkatan penjualan selama adanya layanan QRIS dari BRI Mobile atau yang dikenal dengan BRImo.

Ketua Kelompok Dagang Uluwatu, Made Leper menyampaikan, sejak adanya n akses pembayaran QRIS mampu  meningkatkan transaksi yang ada di areal wisata Uluwatu.

Baca Juga: Lewat Pegadaian, BRI Bantu UMKM dengan Pembiayaan Usaha Syariah

"QRIS ini baru ada sejak beberapa bulan program dari BRI kepada pelaku UMKM. Anggota dagang kompak semua pakai ini," ujarnya saat ditemui Kontan.co.id, di Kawasan Wisata Pura Uluwatu, Bali, belum lama ini.

Made menuturkan, di era digital ini banyak pengunjung baik domestik dan mancanegara yang tak lagi bertransaksi menggunakan uang tunai. Menurutnya dengan hadirnya layanan QRIS tersebut wisatawan jadi terbantu.

"Sekarang banyak tamu yang datang tidak bawa uang cash, dengan fasilitas ini mereka jadi tertarik dan meningkatkan penjualan," tuturnya.

Made menyebutkan, kelompok dagang yang diketuai nya ini telah berdiri sejak tahun 1997, yang memiliki 60 kios. Namun, kata dia, saat ini hanya 40 kios yang aktif. "Nah, 40 kios ini terdiri dari 20 kios souvenir dan 20 kios dagangan kelontong," sebutnya.

Made mengungkapkan, kelompok dagang ini juga di bawah naungan Dinas Pariwisata, ke depan kelompok dagang bakal terus melakukan pengembangan dari sisi fasilitas yang membuat nyaman wisatawan.

Baca Juga: One Stop Shopping Ala ULaMM Milik PNM Bantu UMKM Naik Kelas

"BRI juga memberikan bantuan bantuan kayak meja-meja payung ini, ke depan kita juga mau mengajukan fasilitas penunjang lainnya," ungkapnya.

Made menambahkan, diperkirakan wisatawan yang berkunjung ke areal wisata Pura Uluwatu mencapai 1.000 orang setiap harin Namun, jika memasuki high season bisa mencapai 3.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×