kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,16   -13,38   -1.47%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Respons OJK, Sinarmas MSIG Life Akan Perkuat Literasi Asuransi ke Konsumen dan Agen


Rabu, 10 Mei 2023 / 13:06 WIB
Respons OJK, Sinarmas MSIG Life Akan Perkuat Literasi Asuransi ke Konsumen dan Agen
Kantor PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life)


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manajemen PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) merespons secara serius permintaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk senantiasa perkuat pemasaran produk asuransi sesuai aturan yang berlaku.

Sinarmas MSIG Life juga memastikan dalam peningkatan kapasitas agen pemasaran tetap mengedepankan prinsip Good Corporate Governance (GCG). Selain itu, Sinarmas MSIG Life terus berkomitmen untuk meningkatkan serta memperkuat literasi asuransi kepada konsumen dan agen secara optimal.

"Penguatan pemahaman dan literasi asuransi ini menjadi tugas mulia yang harus terus kami jalankan. Semuanya bermuara pada prinsip Good Corporate Governance," ujar Chief Compliance, Legal & Corporate Secretary Sinarmas MSIG Life, Renova Siregar, dalam keterangannya, Rabu (10/5).

Renova mengatakan sejauh ini literasi konsumen terhadap asuransi masih memiliki banyak tantangan. Data Indeks Literasi Keuangan Nasional mencatat literasi sektor perasuransian pada tahun 2022 meningkat hingga 15,9%, dari semula 15,8% pada 2016 menjadi 31,72% pada 2022.

Baca Juga: OJK Kocok Ulang Batas Investasi Asuransi Jiwa, Ini Rinciannya

"Permintaan OJK agar adanya perbaikan dan penataan agen pemasaran asuransi ini menjadi perhatian kami sejak awal. Tentunya kami akan terus berusaha memperbaiki capaian yang sudah berjalan," ungkapnya.

Secara terpisah Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Lembaga Penjamin, dan Dana Pensiun OJK, Ogi Prastomiyono, sempat mengatakan perlu adanya review terhadap tata kelola pemasaran produk asuransi melalui agen.

Permintaan OJK tersebut, kata Renova, telah mendapat perhatian serius dari pihak manajemen Sinarmas MSIG Life. 

"Kami senantiasa berkomitmen untuk terus memperbaiki diri, seperti halnya dengan melakukan review dan penguatan terhadap proses serta prosedur dalam melakukan aktifitas perusahaan seperti adanya SOP dan Guideline," katanya.

"Selain itu, perusahaan secara berkala selalu memberikan training kepada tenaga pemasar terkait dengan produk, kode etik tenaga pemasar dan prosedur dalam menjalankan bisnis perusahaan." imbuhnya.

Baca Juga: Waspada Pemalsuan Polis Asuransi, Perhatikan Tips Berikut

Perusahaan juga dari waktu ke waktu turut melakukan peninjauan terkait perjanjian kerjasama dengan tenaga pemasar dan memperkuat kewajiban tenaga pemasar dalam melakukan penawaran produk asuransi dan proses pasca penjualan.

Renova menyadari memilih produk asuransi itu harus dilatari oleh pemahaman yang komprehensif. Sejauh ini Sinarmas MSIG Life sudah berusaha merespons kebutuhan literasi asuransi tersebut melalui beberapa channeling komunikasi.

Sejauh ini, kata Renova, informasi mengenai berbagai macam produk, proses dan prosedur penjualan asuransi, secara lengkap dapat diakses melalui website maupun sosial media perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×