kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,79   13,91   1.53%
  • EMAS953.000 -0,83%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Rumor hangat: Pemerintah berencana tetapkan tarif transaksi seragam bagi e-wallet


Kamis, 02 Januari 2020 / 09:46 WIB
Rumor hangat: Pemerintah berencana tetapkan tarif transaksi seragam bagi e-wallet
ILUSTRASI. Pengunjung melakukan transaksi digital dengan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Code di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/10). Dengan menggunakan QR Code tersebut para pengguna dapat bertransaksi dengan e-wallet domestik dan luar negeri di merchant BNI. ANT

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai upaya untuk dapat menggunakan platform mereka, penyedia layanan e-wallet di Indonesia saat ini harus menyesuaikan biaya untuk vendor, membebankan biaya tinggi untuk peritel besar, dan menyerap biaya pedagang yang lebih kecil.

Tetapi Bank Indonesia telah mengadakan pembicaraan dengan startup pembayaran digital terbesar untuk membuat biaya pada transaksi kode QR seragam. Sejumlah sumber Reuters mengatakan, langkah ini bertujuan untuk melakukan standarisasi pembayaran elektronik yang menggunakan barcode matrix.

Terkait hal ini, Bank Indonesia tidak menanggapi pertanyaan dari Reuters.

Baca Juga: Indonesia plans fixed fees for e-wallet transactions: sources

Perusahaan yang memimpin di industri e-wallet di negara ini adalah startup Gojek, yang didukung oleh perusahaan-perusahaan termasuk Google Alphabet, dan startup OVO, di mana pesaing Gojek yakni Grab memiliki saham. Adapun e-Wallet DANA milik Ant Financial membuntuti di belakang, bersama dengan platform pembayaran milik negara LinkAja.

Melansir Reuters, bank sentral ingin mematok biaya transaksi e-wallet sebesar 0,7%. Sumber Reuters bilang, ini merupakan sebuah langkah yang dapat menghalangi peritel kecil yang sekarang hampir tidak melakukan pembayaran apapun saat menggunakan jaringan e-wallet atau pada akhirnya memaksa untuk meningkatkan insentif.

Baca Juga: Inilah promo GoPay Desember 2019, ada cashback hingga 40%

Dijelaskan pula, biaya tetap yang dikenakan pada vendor yang lebih besar, seperti Starbucks, yang saat ini ditagih sebanyak 2%, juga akan mengurangi pendapatan bagi perusahaan e-wallet.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
MENAGIH UTANG ITU MUDAH Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 7

[X]
×