kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah Bank Pacu Kredit Konsumer Melalui Gelaran Pameran


Kamis, 29 Februari 2024 / 19:52 WIB
Sejumlah Bank Pacu Kredit Konsumer Melalui Gelaran Pameran
ILUSTRASI. Untuk menggenjot kredit konsumer, perbankan menggelar berbagai event pameran dan menawarkan promo menarik (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam upaya menggenjot kredit konsumer, sejumlah bank menggelar berbagai event pameran dengan menawarkan berbagai promo menarik untuk produk konsumer.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) kredit konsumsi pada Januari 2024 tumbuh 9,5% secara tahunan alias year on year (yoy) menjadi Rp 2.006,3 triliun. Pertumbuhan ini lebih tinggi dari Desember 2023 yang sebesar 8,9% (yoy).

Kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit multiguna menjadi penyumbang pertumbuhan dengan masing-masing tumbuh 12,6% dan 7,3% pada Januari 2024, lebih tinggi dibandingkan capaian Desember 2023 sebesar 12% dan 6,7%. 

Sedangkan, kredit kendaraan bermotor (KKB) tumbuh melambat jadi 12,6% (yoy) per Januari 2024, dibandingkan Desember 2023 yang tumbuh 13,2%.

Baca Juga: BCA Finance Targetkan Penyaluran Kredit Kendaraan Bermotor Capai Rp 43 Triliun

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) misalnya, kembali menggelar BCA Expoversary 2024, dengan memberikan beragam penawaran, mencakup produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Sepeda Motor (KSM), dan beragam produk unggulan dari Solusi BCA.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, BCA optimistis gelaran ini mampu menggenjot kredit konsumer di tahun ini.

Ketua Panitia BCA Expoversary 2024 sekaligus Direktur BCA Finance Petrus Karim juga optimistis, BCA Expoversary 2024 yang berlangsung dari tanggal 29 Februari hingga 3 Maret 2024 akan menarik minat yang besar dan dapat membantu industri otomotif meningkatkan kinerjanya. Hal ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan kredit secara keseluruhan sebesar 10%-11%. 

"Kami optimis bahwa target KKB tahun ini dapat mencapai Rp 43 triliun dengan kontribusi dari BCA Expo yang diharapkan dapat meningkatkan kredit secara keseluruhan hingga 10%-11%," katanya dalam konferensi pers BCA Expoversary 2024 pada Kamis (29/2).

Optimisme tersebut juga sejalan dengan penyelenggaraan BCA Expoversary 2024 secara daring yang akan berlangsung hingga 31 Maret mendatang dan bertepatan dengan momentum Ramadan yang dianggap sebagai pendorong peningkatan kredit.

“Kami sengaja menyelenggarakannya sesegera mungkin, khususnya untuk menyambut Ramadan dan Lebaran, yang mana momentum tertingginya biasanya terjadi menjelang Lebaran,” ujar Petrus.

EVP Consumer Loan BCA Welly Yandoko juga yakin, gelaran BCA Expo bisa meningkatkan pertumbuhan Kredit Pemilikan RUmah (KPR) BCA bisa tumbuh double digit di 2024.

"Dengan ditopang oleh promo-promo yang diberikan dalam dua kali event, seperti BCA Expoversary dan BCA Expo yang diselenggarakan pada bulan Agustus dan September, kita optimis KPR bisa tumbuh dua digit, secara spesifiknya, mungkin 10%-11%,” kata Welly.

Baca Juga: BCA Genjot Kredit Konsumer Melalui Gelaran BCA Expoversary 2024

BCA Expoversary 2024 dinilai mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan KPR BCA. Secara historis, event- event yang diselenggarakan BCA mampu menyumbang 60% dari total KPR BCA.

Selama empat hari gelaran BCA Expoversary 2024 offline, BCA memberikan penawaran spesial berupa suku bunga KPR BCA 2,67% eff.p.a. fix 1 tahun dengan diskon asuransi jiwa 10% serta diskon biaya administrasi 50%, bunga spesial KKB 2,67% flat p.a tenor 1 tahun dan program DP 0% untuk KKB serta KSM BCA. Nasabah dapat menemukan hunian impian dari 31 developer yang berpartisipasi secara offline. 

Tidak hanya itu, nasabah juga dapat mencari properti idaman secara online di lebih dari 344 proyek dari 134 developer, lebih dari 100 kantor property agent, dan lebih dari 1.000 listing properti yang tersebar di berbagai kota besar; serta kendaraan idaman dari 25 merek mobil ternama, dan 75 group dealer lebih yang menawarkan benefit produk mobil.

Secara terpisah, Bank CIMB Niaga dan Bank Mega juga menggelar Mega Travel Fair di awal tahun ini. Untuk ke-delapan kalinya CIMB Niaga menggelar program travel fair dengan menggandeng maskapai penerbangan Cathay Pacific Airways Limited.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi menjelaskan, program travel fair "Cathay Pacific Travel Fair 2024" ini cukup efektif meningkatkan kinerja dan menambah nasabah baru.

"Tahun lalu, transaksi yang berhasil dicetak dari program travel fair ini di bawah Rp 40 miliar. Namun, tahun ini, kami menargetkan transaksi bisa mencapai Rp 50 miliar selama pameran berlangsung. Kami juga yakin akan ada penambahan nasabah baru sepanjang program ini berlangsung," ungkapnya.

Noviady mengatakan, di CIMB segmen travelling memang bertumbuh cukup signifikan. Pertumbuhannya bisa mencapai 10% dan kontribusinya pun mencapai lebih dari 10%.

Dalam pameran ini, penggemar wisata yang memiliki Kartu Kredit, Kartu Syariah iB, dan Kartu Debit CIMB Niaga bisa membeli tiket pesawat Cathay Pacific dengan cashback hingga Rp 8 juta (sudah termasuk tambahan cashback sampai dengan Rp 1,4 juta untuk pemegang Kartu Kredit Premium dan extra cashback hingga Rp 600 ribu untuk nasabah CIMB Preferred/CIMB Private Banking dan XTRA Savers Valas). Nasabah juga bisa mendapatkan cicilan 0% sampai 12 bulan dan hemat hingga 100% dengan menukarkan Poin Xtra CIMB Niaga yang sudah dimiliki.

“Melalui pameran ini, CIMB Niaga sebagai bank partner ingin memberikan pengalaman bertransaksi yang praktis dan menguntungkan bagi nasabah dan konsumen Cathay Pacific dalam merencanakan traveling lebih awal ke tempat-tempat wisata pilihan di dunia,” katanya.

Dalam menggenjot kredit konsumer, Bank Mega juga kembali menggelar Mega Travel Fair di awal tahun ini dengan menggandeng PT Antavaya Tour & Travel dalam mengadakan Mega Travel Fair. Dalam event kali ini, Bank Mega membidik volume transaksi kartu kredit mencapai Rp 75 miliar.

Wakil Direktur Utama Bank Mega Diza Larentie mengatakan, Mega Travel Fair merupakan salah satu kegiatan di bidang tour & travel dengan berbagai penawaran diskon berupa paket wisata, tiket pesawat, akomodasi/hotel dan juga cruise yang dilaksanakan di Mall of Indonesia, Jakarta yang berlangsung pada 19-25 Februari 2024. 

Selain penyelenggaran di Jakarta, Mega Travel Fair juga akan dilaksanakan di Trans Studio Mall Bandung pada 29 Februari hingga 3 Maret 2024. Mini Mega Travel Fair akan digelar di beberapa kota yaitu, Kantor Cabang Samarinda pada 22-23 Februari 2024, Trans Studio Mall Makassar 1-3 Maret 2024, dan Kantor Cabang Surabaya Darmo pada 4-6 Maret 2024.

Belum lama ini PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bersama PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) dan didukung oleh MUFG Bank Ltd (MUFG) ikut mendukung gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Danamon bersama Adira Finance dan didukung oleh MUFG hadir sebagai Official Bank Partner dan Official Multifinance Partner, serta Official Trade-in Partner (Momobil & Momotor) di IIMS 2024.

Consumer Funding and Wealth Bussines Head Bank Danamon Ivan Jaya mengungkapkan dalam gelaran IIMS 2024 pihaknya membidik nasabah baru, Jumlah nasabah individu Bank Danamon sepanjang 2023 tumbuh tiga kali lipat secara tahunan. Sementara itu, khusus untuk segmen nasabah prioritas, kata Ivan, pertumbuhannya mencapai 40% secara tahunan. "Oleh karena itu di tahun ini kami membidik pertumbuhan nasabah hingga 20% pada IIMS 2024 dibandingkan dengan acara yang sama tahun lalu. 

Sementara, dari sisi penyaluran kredit, pihaknya manargetkan kontribusi hingga 30% hingga 40% dari total penyaluran kredit yang disalurkan selama IIMS 2024 ini. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Adira Finance Dewa Made Susila menyebut, Adira Finance mendukung IIMS 2024 dengan menghadirkan berbagai solusi finansial yang diperlukan pelanggan sebagai wujud kontribusi grup dalam rangka mendukung pertumbuhan ekosistem otomotif Indonesia.

"Kami juga optimis bahwa penyelenggaraan IIMS 2024 bisa lebih sukses dari tahun 2023. Oleh karena itu, kami menargetkan pertumbuhan transaksi pembiayaan Adira Finance di IIMS 2024 bisa tumbuh 30-40% jika dibandingkan dengan IIMS tahun sebelumnya," katanya.

Selanjutnya: Fitch Ingatkan Risiko Refinancing untuk Emiten Properti, Begini Prospek Kinerjanya

Menarik Dibaca: Vidio Luncurkan Lebih dari 15 Judul Original Series di 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×