kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.016,36   10,57   1.05%
  • EMAS980.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Siap-siap, biaya transfer antar bank akan turun Rp 2.500 mulai pekan II Desember 2021


Jumat, 03 Desember 2021 / 09:58 WIB
Siap-siap, biaya transfer antar bank akan turun Rp 2.500 mulai pekan II Desember 2021
ILUSTRASI. Siap-siap, biaya transfer antar bank akan turun Rp 2.500 mulai pekan II Desember 2021


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Siap-siap, biaya transfer antar bank akan semakin murah. Mulai pekan kedua biaya transfer antar bank akan turun menjadi Rp 2.500 per transaksi. 

Selama ini, biaya transfer antar bank mencapai Rp 6.500 per transaksi. Tentu saja, dengan kebijakan baru ini, nasabah lebih menghemat biaya transfer antar bank.

Namun untuk tahap pertama, penurunan biaya transfer antar bank tersebut belum berlaku menyeluruh. Hanya bank tertentu yang berlaku biaya transfer antar bank Rp 2.500. 

Meski demikian, penurunan biaya transfer antar bank tersebut berlaku melalui berbagai layanan. Baik transfer antar bank melalui ATM, internet banking, ageng, mobile banking akan berlaku biaya maksimal Rp 2.500 per transaksi.

Kompas.com memberitakan, Bank Indonesia (BI) akan mulai mengimplementasikan BI Fast Payment atau BI Fast pada pekan kedua Desember tahun ini. Melalui sistem ini, biaya transfer antar bank hanya akan dikenakan tarif maksimal Rp 2.500.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta mengatakan, BI Fast bakal diterapkan ke berbagai instrumen keuangan perbankan, sehingga tidak hanya terbatas kartu debit atau kredit saja. "Instrumennya bisa menggunakan nota debit kredit, bisa menggunakan uang elektronik, bisa menggunakan kartu (APMK)," kata Fili dalam Taklimat Media BI, Rabu (3/11/2021).

Baca Juga: Cara tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA, BNI, BRI, Mandiri, CIMB, Permata

Selain itu, penerapan biaya transfer antar bank Rp 2.500 akan berlaku di seluruh kanal perbankan. Namun, hal ini akan dilakukan secara bertahap. "Kanalnya apa saja? Dia bisa menggunakan mobile banking, bisa menggunakan ATM, EDC, bisa internet banking, bisa lewat agen juga," ujar Fili. "Nasabah bisa melakukan transaksi melalui berbagai instrumen dan berbagai kanal pembayaran," tambah dia.

Fili menjelaskan, pada tahap pertama, nasabah dapat menggunakan BI Fast untuk setiap transaksi dengan nominal maksimal Rp 250 juta. Angka tersebut ditetapkan oleh bank sentral mengingat BI Fast difokuskan untuk transaksi segmen ritel. "Ini akan kita evaluasi berkala. Apabila diperlukan bisa kita naikan," katanya.

Sementara bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi dengan nominal di atas Rp 250 juta, masih bisa menggunakan Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI) dengan nominal transaksi maksimal Rp 1 miliar. Sebagai informasi, rencananya tahap pertama BI Fast akan dilaksanakan pada pekan kedua Desember.

Adapun pada tahap pertama, BI Fast akan diimplementasikan oleh 22 bank, termasuk menerapkan biaya transfer antar bank Rp 2.500.

Berikut daftar bank yang akan mengimplementasikan BI Fast dan berlaku biaya transfer antar bank Rp 2.500 per transaksi pada pekan kedua Desember 2021:

  1. BTN
  2. DBS Indonesia
  3. Permata Bank
  4. Bank Mandiri
  5. Danamon
  6. CIMB Niaga
  7. BCA
  8. HSBC Indonesia
  9. UOB Indonesia
  10. Bank Mega
  11. BNI
  12. BSI
  13. BRI
  14. OCBC NISP
  15. UUS BTN
  16. UUS PemataBank
  17. UUS CIMB Niaga
  18. UUS Danamon
  19. BCA Syariah
  20. Bank Sinarmas
  21. Citibank NA
  22. Bank Woori Saudara.

 

Cara transfer antar bank gratis tanpa biaya

Selain dengan cara di atas, ada alternaitf untuk menghemat biaya transfer antar bank. Bahkan, ada cara transfer antar bank yang gratis atau tanpa biaya.

Salah satu cara transfer antar bank secara gratis atau tanpa biaya adalah menggunakan layanan / aplikasi Flip. Flip adalah fintech yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa keuangan.

Pengguna baru dapat mencoba transaksi transfer antar bank secara gratis atau tanpa biaya di Flip dengan limit transaksi Rp 500.000 per akun. Jika ingin transfer lebih dari Rp 500.000, pengguna Flip harus verifikasi identitas secara online dan gratis.

Berikut cara transfer antar bank secara gratis atau tanpa biaya melalui Flip:

1. Buka aplikasi/website Flip lalu klik tombol “Kirim Uang Gratis”

2. Pilih bank tujuan transaksi, kemudian masukkan nomor rekening tujuan. Jangan lupa untuk klik “CEK NAMA” untuk verifikasi nomor rekening tujuan.

3. Pastikan nomor rekening dan nama tujuan yang muncul sudah benar, kemudian klik "LANJUT".

4. Isikan nominal transfer dan berita transfer (minimal nominal transaksi Rp10.000)

5. Kemudian klik “LANJUT”.

6. Perhatikan halaman review transaksi untuk memastikan setiap data transaksi pengiriman uang yang akan dilakukan sudah benar.

7. Jika data transaksimu sudah dipastikan sesuai, pilih “LANJUT KE PENGIRIMAN” untuk melanjutkan proses pembuatan transaksi.

8. Pilih Bank Pengirim yang digunakan sebagai sumber dana. Pastikan bank pengirim yang dipilih sesuai dengan yang akan digunakan untuk transfer ke Flip.

9. Konfirmasi Transaksi. Pada halaman ini, tertampil detail transaksi yang dibuat. Rekening atas nama PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi adalah rekening Flip. Lakukan transfer ke rekening tersebut via ATM/internet/mobile banking sebesar nominal+kode uniknya.

10. Setelah melakukan transfer, kemudian klik tombol “SAYA SUDAH TRANSFER”

11. Pastikan nama rekening yang digunakan saat transfer sama dengan nama akunnya serta dana yang sudah terdebit ke rekening Flip. Jika sudah dipastikan sesuai silakan klik tombol “SUDAH”.

Setelah itu, Flip akan melakukan pengecekan dan memproses transaksimu. Waktu yang dibutuhkan untuk memproses transaksi umumnya adalah 10 menit. Selagi transaksi diproses, kamu dapat menutup halaman tersebut dan Flip akan tetap melakukan proses transaksi.

Jika ada kendala pada transaksi dan Flip membutuhkan konfirmasi lebih lanjut, Flip akan mengirimkan email dan notifikasi di aplikasi untuk mengunggah bukti transfer. Pada halaman transaksi akan muncul tombol unggah bukti, silakan unggah bukti transfer agar dapat dilakukan pengecekan manual.

12. Transaksi Berhasil Diproses. Jika transaksi telah berhasil diproses, Flip akan menampilkan bukti transfer dan mengirimkan detail transaksinya ke email yang didaftarkan.

Itulah informasi penurunan biaya transfer antar bank dan cara transfer antar bank secara gratis tanpa biaya melalui Flip. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×