kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Taspen Serahkan Manfaat Pensiun kepada Mantan Wakil MPR


Sabtu, 07 Oktober 2023 / 11:16 WIB
 Taspen Serahkan Manfaat Pensiun kepada Mantan Wakil MPR
ILUSTRASI. Petugas PT Taspen (persero) Banda Aceh memperlihatkan aplikasi digital yang dapat digunakan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif dan pensiunan peserta taspen di Banda Aceh, Aceh, Rabu (7/6/2023). ANTARA FOTO


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) menyerahkan manfaat jaminan pensiun kepada mantan wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan. 

Direktur Utama Taspen Antonius NS Kosasih mengatakan, penyerahan manfaat jaminan pensiun tersebut merupakan bentuk komitmen Taspen dalam menjalankan program jaminan sosial kepada peserta, termasuk para pensiunan dari lembaga negara. 

"Taspen berkomitmen memberikan manfaat dan layanan yang maksimal bagi peserta ASN dan pejabat Nnegara, lintas Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, maupun instansi pemerintah melalui beragam inovasi produk dan layanan dengan teknologi terkini," kata dia dalam keterangan resminya, Sabtu (7/10).

Pria yang akrab disapa Steve tersebut mengatakan, inovasi layanan terus dilakukan melalui empat program perlindungan, antara lain program Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM). 

Hingga September 2023, Taspen tercatat memiliki 3,69 juta peserta ASN aktif dan 3,05 juta peserta pensiun.

Baca Juga: Ombudsman Himbau Lembaga Publik untuk Selalu Laporkan Kinerja Keuangan

Demi meningkatkan kesejahteraan para peserta, kata Steve, Taspen menghadirkan beberapa program penunjang kesejahteraan pada masa pensiun, antara lain melalui program Wirausaha Pintar, yakni pelatihan kewirausahaan untuk peserta yang memasuki masa persiapan pensiun (MPP).

Selama tahun 2023, program ini telah diikuti oleh lebih dari 58.000 pensiunan yang diharapkan dapat menciptakan pensiunan yang berdaya dan sejahtera, serta mengurangi risiko penurunan kesehatan dan mental karena para pensiunan tetap produktif di hari tua.

Baca Juga: Penempatan Investasi Taspen di Reksadana Menyisakan Kejanggalan

Selain itu, Taspen juga meningkatkan kolaborasi dengan Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) dengan menjalankan sejumlah program bagi ASN, antara lain ASN Housing dan Digitalisasi Pelayanan. 

Melalui ASN Housing, ASN dapat melakukan pembelian rumah pertama secara mudah dengan harga yang terjangkau. Program yang bekerja sama dengan pemerintah daerah dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) itu diharapkan dapat membantu ASN memiliki tempat tinggal. 

Selanjutnya: Pesona Cuaca Yogyakarta: Cerah atau Mendung, Mengundang Kerinduan Akhir Pekan

Menarik Dibaca: Bikin Panjang Umur, 4 Manfaat Cinta untuk Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×