kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.564.000   4.000   0,26%
  • USD/IDR 16.305   -35,00   -0,22%
  • IDX 7.080   122,90   1,77%
  • KOMPAS100 1.053   23,69   2,30%
  • LQ45 827   25,88   3,23%
  • ISSI 213   1,79   0,85%
  • IDX30 425   13,62   3,31%
  • IDXHIDIV20 508   17,23   3,51%
  • IDX80 120   2,84   2,41%
  • IDXV30 124   2,46   2,02%
  • IDXQ30 140   4,41   3,25%

Waktunya perbankan bersikap global


Rabu, 19 Juni 2013 / 11:53 WIB
Waktunya perbankan bersikap global
ILUSTRASI. Direktur Utama Ancora Indonesia Resources Rolaw P. Samosir. KONTAN/Baihaki/16/10/2019


Reporter: Dyah Megasari |

KUALA LUMPUR. Globalisasi menjadi tantangan penting dan berat bagi dunia perbankan. Perusahaan yang menafikan gobalisasi sebagai fenomena dunia, akan tergulung dan jatuh. Demikian antara lain yang mengemuka dalam pembukaan Konferensi Tahunan Bank CIMB tingkat Asia Pasifik di Kuala Lumpur.

"Budaya lokal sangat penting untuk dipertahankan, tetapi kita harus berani menggeser sedikit nilai lokal itu untuk dikombinasikan dengan nilai global," ujar Takumi Shibata, Former Nomura Holdings Group COO saat memberi ceramah dalam pertemuan tersebut di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (19/6/2013).

Pertemuan ini dihadiri para pejabat Bank CIMB dari Malaysia, Thailand, dan Singapura. Takumi menambahkan, nilai-nilai globali perlu diserap agar perusahaan mampu bertahan.

Hal tersebut dikuatkan oleh Group Chief Executive CIMB Group Dato Sri Nazir Razak. Dia menggambarkan betapa krisis ekonomi yang melanda Amerika pada 2008 turut memukul perbankan di Asia. Meskipun perekonomian Asia relatif aman, namun peristiwa di Amerika itu menyebarkan ketakutan di Asia.

Dato menambahkan, untuk itu, perlu penguatan kepemimpinan perusahaan di Asia. Ini perlu juga menyerap nilai-nilai global atau Barat. ketika Barat bertemu dengan Timur, akan menjadi fusi ideal dalam redefinisi kepemimpinan. (Erlangga Djumena/Kompas.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Bond Voyage Mastering Strategic Management for Business Development

[X]
×