kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lewat SHINE Project, KB Bank Memperkuat Transformasi Digital


Kamis, 02 Mei 2024 / 11:30 WIB
Lewat SHINE Project, KB Bank Memperkuat Transformasi Digital
ILUSTRASI. KB Bank mendorong pengembangan digital lewat SHINE Project


Reporter: Adrianus Octaviano, Nurtiandriyani Simamora | Editor: Harris Hadinata

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bank) terus melanjutkan transformasi bisnis, setelah hadirnya Kookmin Bank sebagai pemegang saham baru. Salah satu bentuk transformasi yang dilakukan adalah mendorong digitalisasi.

KB Bank tidak main-main dalam mendorong proses digitalisasi. Untuk memuluskan digitalisasi, bank bagian dari KB Financial Group (KBFG) ini mengadopsi Next Generation Banking System (NGBS).

Dengan sistem tersebut, KB Bank berharap bisa meningkatkan pelayanan bagi nasabah. “"Kebutuhan nasabah pasti berubah, sehingga dibutuhkan suatu model bisnis atau produk yang lebih komprehensif. Kami ingin fokus memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah, salah satunya lewat new digital banking," papar Woo Yeul Lee, Presiden Direktur KB Bank.

Pengembangan sistem teknologi informasi (TI) NGBS ini sudah diumumkan ke publik sejak akhir 2021 silam. Sistem TI ini mengadopsi sistem yang pernah diterapkan di Kookmin Bank, Korea Selatan (Korsel). Maklum saja, penerapan NGBS merupakan hasil dari inisiatif KBFG, selaku ultimate shareholder.

Baca Juga: Ada Raksasa Keuangan Korea Selatan, di Balik Transformasi KB Bank

Di 2022, KB Bank mulai melakukan migrasi core banking system ke NGBS. Pada pertengahan 2022, KB Bank juga melakukan peningkatan kapasitas data center dan disaster recovery center. Peningkatan kapasitas perlu dilakukan agar sistem bisa melayani kebutuhan nasabah melalui customized offer yang didasari behaviour analysis tiap nasabah.

Pada awal 2023 silam, KB Bank kemudian meluncurkan SHINE Project. Pada dasarnya, SHINE Project merupakan kelanjutan proyek pengembangan sistem TI NGBS.

SHINE Project akan memuat sejumlah penggunaan teknologi terkini. Di antaranya peningkatan core banking yang akan memberikan kemudahan bagi nasabah dalam layanan keuangan.

Saat peluncuran SHINE Project, Lee menuturkan, sistem TI ini bertujuan menjadikan KB Bank sebagai one stop banking solution. Proyek ini diharapkan memberi keleluasaan bagi KB Bank untuk menciptakan inovasi produk dan layanan.

Baca Juga: KBFG Beri Dukungan Penuh Bagi Transformasi dan Perbaikan Fundamental KB Bank

KB Bank menunjuk DXC Technology sebagai IT Master Contractor untuk SHINE Project. DXC Technology adalah perusahaan layanan dan konsultasi teknologi informasi (IT) multinasional Amerika yang berkantor pusat di Virginia, Amerika Serikat.

SHINE Project ini sudah memberikan hasil, lo. September 2023 lalu, KB Bank telah meluncurkan aplikasi perbankan digital yang bernama KBstar.

Memang, sebelumnya KB Bank juga sudah memiliki KB Bukopin Mobile Banking, serta aplikasi perbankan digital Wokee. Namun, Direktur KB Bank Jung Ho Han keduanya belum memberikan hasil optimal. Kedua program tersebut kemudian diintegrasikan ke dalam KB Bank.

Pengembangan digital di KB Bank masih belum berhenti. Tom Lee, sapaan akrab Woo Yeul Lee, menyebut KB Bank akan memperkenalkan terobosan baru di sisi digital banking pada Juni mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×