: WIB    --   
indikator  I  

LPS rate susut, OJK minta bunga kredit cepat turun

LPS rate susut, OJK minta bunga kredit cepat turun

KONTAN.CO.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyambut positif langkah LPS-1'>Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menurunkan suku bunga penjaminan. Seperti diketahui, hari ini LPS menurunkan suku bunga penjaminan rupiah 25 basis poin (bps) untuk bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Heru Kristiyana, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK bilang dengan turunnya suku bunga penjaminan LPS ini diharapkan biaya dana atau cost of fund perbankan bisa turun.

"Diharapkan hal ini bisa membantu penurunan suku bunga kredit," kata Heru dalam keterangan tertulis, Kamis (14/9).

Namun Heru bilang bank biasanya membutuhkan waktu untuk mengambil kebijakan penurunan suku bunga kredit. Hal ini karena tergantung struktur dana dan portofolio kredit bank.

Heru menekankan dengan turunnya suku bunga penjaminan, maka diharapkan akan mempercepat penurunan suku bunga deposito.

Hal ini mestinya direspon positif oleh industri perbankan untuk meningkatkan ekspansi kredit produktif. Hal ini diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Halim Alamsyah, Ketua Dewan Komisioner LPS bilang dengan turunnya suku bunga penjaminan LPS ini diharapkan akan membuat bank bisa cepat menurunkan suku bunga kredit.

"Kami berharap bisa mendorong lebih cepat penurunan bunga deposito dan kredit," kata Halim ketika paparan, Kamis (14/9). Halim bilang, penurunan bunga penjaminan LPS merupakan signal kepada bank agar cepa menurunkan suku bunga deposito.


Reporter Galvan Yudistira
Editor Dessy Rosalina

BUNGA KREDIT

Feedback   ↑ x
Close [X]